- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Faktor Finansial Barcelona Jadi Alasan Barter Arthur Melo dan Miralem Pjanic?

INTREN.ID – Barter Arthur Melo dengan Miralem Pjanic, antara Barcelona dan Juventus mengundang tanda tanya. Pasalnya Arthur sempat disebut sebagai pemain masa depan Barcelona.

Kejanggalan lain yaitu usia keduanya yang terpaut cukup jauh. Umur Arthur 23 tahun, berbanding dengan Pjanic yang sudah kepala tiga. Dengan usia itu, masa depan Arthur disebut masih bisa bersinar, sementara karier Pjanic ddiperkirakan bakal tersisa beberapa tahun lagi.

Pun demikian, penampilan Arthur terbilang memukau. Pemain asal Brasil itu menjadi salah satu pilihan utama lini tengah Barcelona sejak didatangkan dari Gremio.

Mampu bermain pada banyak posisi lini tengah menjadikannya salah satu aset paling berharga Barcelona. Hal ini mendukung keinginan Barcelona untuk meremajakan lini tengahnya jamak diisi pemain tua seperti Sergio Busquet, Ivan Rakitic dan Arturo Vidal.

Dengan sederet fakta itu, pantas bila muncul pertanyaan apa yang melatarbelakangi barter antara keduanya. Faktor finansial diduga kuat menjadi alasannya, sebagaimana diasumikan Media Spanyol Sport.

- ADVERTISEMENT -

Sport beranggapan Barcelona mesti menjual Arthur demi menyeimbangkan neraca pembukuan. Lantaran penjualan Arthur dan pembelian Pjanic membuat Barca mencatat laba bersih sebesar 52 juta euro musim ini. Tidak termasuk 10 juta euro bonus yang kemungkinan akan dibagikan kepada para pemain dan staf mereka di akhir musim.

Dana itu bisa jadi modal kuat klub Catalan itu demi berjuang di bursa transfer mendatang. un demikian Barca masih berharap menambah pemasukan dari penjualan gelandang Philippe Coutinho dan sejumlah pemain lainnya.

Pasalnya Barca butuh banyak uang demi bisa mendatangkan Lautaro Martinez dari Inter Milan yang masih menjadi incaran mereka. Demi bisa membeli pemain asal Argentina itu, La Blaugrana dikatakan perlu lebih dari 100 juta euro.

Di satu sisi apabila tidak menjual Arthur, Barca masih harus mengeluarkan anggaran 20 juta euro demi melunasi pembayaran pembelian Arthur ke Gremio. Barcelona disebut baru membayar uang muka 10 juta euro pada 2018 lalu, dari nilai 30 juta euro yang disepakati.

Adapun perihal soal neraca pembayaran gaji, Barcelona sejatinya lebih terbebani kedatangan Miralem Pjanic. Gelandang asal Bosnia itu bakal dibayar 6 juta euro per tahunnya sementara. Sementara Arthur Melo mendapatkan bayaran 5 juta euro. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.