Enggak Sekadar Berlatih, Begini Trik Bermain Basket yang Baik

INTREN.ID, SURABAYA – Mengapa ketika kamu sudah berlatih sekuat tenaga namun ketika saat pertandingan tiba, hasil latihan kamu tidak terasa? Mengapa kamu terkadang bermain sangat baik atau sangat buruk, selalu tidak stabil? Bagaimana caramu dapat memperbaikinya?

Pertanyaan itu kerap muncul di benak para pemain basket. Namun tahukah kamu bahwa basket tak sekadar latihan, latihan, dan latihan. Ada hal lain yang harus dilakukan.

Yang pertama adalah keterampilan dasar. Memiliki keterampilan dasar merupakan pondasi. Yang termasuk keterampilan dasar adalah keterampilan dasar basket seperti running, throwing, dan passing. Serta fisik yang meliputi kecepatan, tenaga, dan momentum.

Keterampilan dasar adalah hal yang harus kamu latih setiap hari, tak peduli seberapa tinggi levelmu. Tentu hal ini sangat membosankan, monoton, dan susah. Tetapi rutinitas ini pasti akan membantumu keluar dari ketidakstabilanmu saat pertandingan.

Sangat penting untuk keluar dari zona nyaman saat latihan. Setelah menguasai keterampilan dasar, semua pelatihan harus didasarkan pada pertandingan yang sebenarnya, bukan dengan hal yang fancy dan tidak berguna.

Kita bermain basket dengan darah dan daging, bukan dengan bola bunga yang indah. Kamu bisa saja memainkan trik basket seorang diri, tetapi di pertandingan sesungguhnya situasi akan sangat berbeda.

Lalu kamu juga harus bisa menemukan momen yang tepat, melihat formasi, dan perbedaan waktu. Di pertandingan yang sebenarnya, bermainlah dengan bijak dan jangan gegabah. Gabungkan lemparan dan operan dadakan. Belajarlah untuk melihat titik lemah dari bek musuh.

Singkatnya, main basket harus menggunakan otak. Yang pertama adalah untuk memudahkan permainan, yang kedua adalah untuk melindungi diri sendiri.

Hal yang paling terpenting adalah untuk tetap percaya diri dan fokus, ini bukan lagi bagian teknis. Kamu harus memiliki tekad untuk menang dan percaya diri untuk dapat bermain dengan stabil sejak berdiri di lapangan.

Penuhilah dirimu dengan semangat dan serang dengan tegas, mainkanlah bola itu dengan cepat. Janganlah terpengaruh bila kamu tidak dapat mencetak skor atau membuat kesalahan, ketika musuh mencetak skor atau bahkan salah dinilai oleh yang lainnya. Terkadang kekuatan batin dirimu yang akan membuatmu bermain dengan sangat baik di lapangan. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.