Enggak Perlu Obat Diet atau Operasi, Cobain 20 Cara Mengecilkan Perut Buncit Berikut Ini

INTREN.ID, BATAM – Memiliki perut rata adalah dambaan sebagian besar orang. Namun untuk mendapatkan perut rata, membutuhkan proses yang tak mudah. Tak jarang cara-cara instan ditempuh. Mulai dari mengonsumsi obat diet hingga operasi.

Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut. Caranya dilakukan dengan cara alami, aman, tanpa obat, dan bahkan tanpa olahraga berat. Cara-cara ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

1) Banyak Mengonsumsi Serat

Mengonsumsi serat menjadikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian bisa mengurangi keinginan untuk makan lebih atau ngemil. Selain itu serat baik untuk sistem pencernaan, sehingga mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat lebih buncit.

2) Mengurangi Makanan Berkalori

Mengurangi asupan kalori dilakukan agar ukuran perut dan berat badan berlebih bisa dipangkas. Kendati demikian, mengurangi kalori tidak boleh dilakukan secara esktrem. Karena akan mengganggu metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan dan nutrisi, serta pembakaran lemak.

3) Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh. Hanya saja, lebih baik mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh. Alangkah baiknya menghindari karbohidrat sederhana semacam nasi, roti tawar, atau pasta. Karena karbohidrat biasa cenderung diubah menjadi glukosa atau gula.

4) Menambah Asupan Protein

Protein membuat kenyang lebih lama. Bahkan dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, memiliki persentase lemak perut lebih rendah.

5) Membatasi Garam

Mengonsumsi garam berlebih membuat penyerapan air dalam tubuh terganggu. Sehingga banyak cairan menumpuk, termasuk di area perut. Hal inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung dan terlihat buncit.

6) Mengurangi Gula

Gula merupakan penyebab umum perut buncit. Membatasi gula bisa jadi solusi. Biasanya gula berlebih terkandung dalam minuman kemasan seperti teh kemasan, susu, soda, atau jus buah.

7) Sering Mengonsumsi Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang membantu melancarkan fungsi tubuh. Termasuk proses pembakaran dan distribusi lemak. Probiotik biasanya berasal dari makanan atau minuman berfermentasi seperti tempe, yogurt, atau kimchi.

8) Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih dapat mencegah kembung dan kelainan penyerapan cairan di tubuh. Bahkan, minum segelas air putih sebelum makan akan membantu merasa kenyang, sehingga porsi makan bisa dibatasi.

9) Tidur yang Cukup

Saat seseorang kurang tidur, keseimbangan hormon akan berubah dan membuat mereka menjadi lebih cepat lapar. Idealnya, tidur yang cukup membutuhkan waktu 7 sampai 9 jam seharinya.

10) Mengurangi Stres

Orang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga, orang yang stres seringkali mengalami kenaikan berat badan.  Untuk mengurangi stres, bisa berlibur, melakukan hobi, atau bercerita pada orang-orang terdekat.

- ADVERTISEMENT -

11) Makan Secara Perlahan

Makan terlalu cepat menyebabkan otak tidak punya waktu memberikan informasi terkait banyaknya kalori. Selain itu juga membuat perut lebih banyak menelan udara dan gas, sehingga berisiko merasa kembung.

12) Mengunyah Makanan hingga Halus

Cara mengunyah makanan juga berpengaruh terhadap ukuran perut. Jika makanan ditelan dalam kondisi kurang halus, tidak bisa dicerna dengan sempurna. Akibatnya, perut rentan kembung dan terlihat buncit.

13) Jangan Terlalu Banyak Menelan Udara dan Gas

Minuman yang mengandung soda bisa menyumbangkan gas berlebih ke saluran pencernaan. Masuknya gas berlebih ke tubuh juga bisa terjadi akibat mengunyah permen karet, minum melalui sedotan, atau makan sambil berbicara.

14) Mengonsumsi Cuka Apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dipercaya dapat melumpuhkan penumpukan lemak di tubuh.

15) Perhatikan Porsi Makan

Makan secukupnya dan pastikan menu yang disantap adalah makanan sehat. Lebih banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum dan yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

16) Minum Teh Hijau dan Kopi Tanpa Gula

Minum teh hijau atau kopi tanpa gula dinilai dapat membakar kalori. Kedua minuman ini juga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang dan membuat perut terlihat lebih rata.

17) Makan Ikan Berlemak atau Minyak Ikan

Mengonsumsi ikan yang berlemak seperti salmon jadi salah satu cara mengecilkan perut. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega 3 dan protein kualitas tinggi. Konsumsi ikan ini juga bisa diganti dengan minyak ikan atau suplemen minyak ikan.

18) Menjalani Intermitten Fasting

Intermitten fasting adalah salah satu metode diet yang populer saat ini. Intermintten fasting bisa diartikan sebagai diet puasa, sebab dalam diet ini diharuskan untuk berpuasa selama 24 jam, dua hari seminggu, atau menggunakan hitungan 16:8, yaitu berpuasa selama 16 jam dan boleh makan selama 8 jam dalam sehari.

19) Mengganti Minyak Biasa dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung medium-chain trygliserides (MCTs) yang dipercaya dapat memberikan energi dan membuat lebih kenyang.

20) Mengatur Jam Makan

Makan snack yang mengandung protein antara pukul 15.00-16.00 dapat membantu mencegah perut buncit. Konsumsi kudapan seperti protein bar atau kacang almond dengan apel, yang bisa memicu metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah.

 

Ada banyak cara mengecilkan perut. Namun hasilnya akan lebih maksimal jika dibarengi dengan olahraga secara teratur. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.