Efek Pandemi, Pemotongan Sapi Saat Lebaran Menurun Drastis

INTREN.ID, BONTANG – Jumlah pemotongan daging sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) pada momentum Ramadan menjelang Idulfitri tahun ini mengalami penurunan drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dipengaruhi masih mewabahnya pandemi virus corona baru (Covid-19).

Kabid Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang, Eddy Foreswanto mengatakan, di tahun-tahun sebelumnya saat H-1 Idulfitri tukang jagal di RPH yang berlokasi di Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat, bisa memotong hingga 70 ekor bahkan lebih. Namun tahun ini hanya berkisar 47-51 ekor.

“Karena permintaan pasar sedikit, sehingga sapi yang dipotong juga sedikit,” ujarnya.

- ADVERTISEMENT -

Eddy menyebut, memang sejak pandemi Covid-19 ini menyerang, jumlah pembeli di semua pasar tradisional di Kota Taman mengalami penurunan. Hal ini tentu berdampak pula terhadap berkurangnya pembelian daging sapi di pasar.

“Apalagi sekarang ada imbauan masyarakat untuk di rumah aja, melakukan physical distancing, anak-anak sekolah belajar di rumah, dan tidak ada resepsi pernikahan. Tentu ini semua ikut berpengaruh,” paparnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.