Dwifung Terpilih Jadi Ketua BPD Abujapi Kepri, Bakal Kembangkan Satpam Lebih Profesional

INTREN.ID, BATAM – Pleno dan pungutan suara memilih Ketua BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Kepulauan Riau (Kepri) selesai digelar, Senin (20/7/2020). Pada Musyawarah Daerah (Musda) 2, nama Dwifung Wirajaya Saputra akhirnya terpilih sebagai Ketua BPD Abujapi Kepri untuk periode waktu 2020-2025.

Dwifung memperoleh suara sebanyak 30, mengungguli Sunarto Poniman yang mendapatkan 25 suara dan menduduki posisi Sekjen. Sedangkan Yakop Sutjipto mendapatkan 3 suara. Lalu, untuk dua kandidat bernama Eko Prasetyo dan Giyarni secara resmi mundur saat akan melakukan penyampaian visi dan misi kepada para peserta.

Dwifung yang telah terpilih dalam pidatonya mengungkapkan akan segera melakukan konsolidasi organisasi terlebih dahulu karena Abujapi sebelumnya sempat vakum lebih dari 4 tahun. Lebih dari itu, masih banyak tugas yang harus diselesaikan sebagai asosiasi yang yang menaungi lebih dari 10 ribu satuan pengamanan (satpam).

Meskipun menurutnya satpam bukanlah menjadi suatu cita-cita, akan tetapi dengan terbentuknya kepungurusan yang baru bisa mengubah satpam menjadi lebih profesional dan bisa lebih dihargai.

“Ke depan kami akan membuat standardisasi harga, sehingga Abujapi yang membawahi 62 BUJP benar-benar bisa memberikan kesejahteraan kepada satpam. Dan pada akhirnya perusahaan juga akan maju. Yang pasti tidak boleh di bawah ketetapan harga itu,” ucap Dwifung.

Apabila sudah siap, pihaknya akan segera mungkin melakukan audiensi dengan stakeholder terkait seperti Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). “Kami akui ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, tetapi dengan komitmen kami yakin ini akan berhasil,” ungkapnya.

Sementara itu Sunarto Poniman mengungkapkan, terdapat beberapa hal yang paling penting agar Abujapi bisa berdiri dan berkembang. Yaitu etos kerjanya, kemandirian, dan profesionalitasnya. “Kita harus yakin kita bisa besar karena kita bersama,” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Abujapi, Cecep Dharmadi menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada BPD Kepri. Selain dari kemandirian mengadakan Musda, jumlah anggota yang cukup banyak menjadi salah satu alasannya.

“Untuk Kepri telah ada sebanyak 62 BUJP, jumlah tersebut cukup baik, dan saya yakin organisasi bisa tumbuh,” kata Cecep.

Pihaknya juga akan terus mendorong Abujapi Kepri untuk bisa menjalin kemitraan dan menguatkan kemitraan, baik dengan Polri ataupun dengan stakeholder lainnya.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Kepri, Kombes pol. Sigit Priyono, berharap Abujapi bisa menjadi mitra pihak kepolisian dalam hal melakukan pengamanan.

Turut hadir di lokasi Asisten 2 dan Pembangunan Ekonomi yang mewakili Gubernur Kepri, Samsul serta Anggota DPRD Kota Batam Budi Mardianto. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.