- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Duta Pelayanan ATB, Layanan Frontliner Profesional yang Cerminkan Citra Perusahaan

INTREN.ID, BATAM – Keandalan PT Adhya Tirta Batam (ATB) tidak hanya didukung oleh kemajuan teknologi, namun juga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional. ATB konsisten melakukan peningkatan kualitas SDM terutama yang bergerak di lini pelayanan pelanggan.

Perusahaan telah menerapkan Sistem Manajemen SDM berdasarkan kompetensi dan nilai-nilai inti perusahaan. Peningkatan kualitas SDM yang dilakukan meliputi kemampuan intelektual maupun kinerja secara personal dan teamwork.

Kualitas SDM ATB dapat dilihat dalam Duta Pelayanan ATB yang merupakan salah satu wujud komitmen ATB dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Duta Pelayanan adalah frontliner berkinerja terbaik yang dipilih secara periodik.

Orang-orang pilihan ini telah terbukti mampu memberikan informasi dan solusi yang akurat kepada pelanggan sesuai prosedur operasional pelayanan yang berlaku.

“Duta Pelayanan telah menjadi wajah perusahaan yang mencerminkan citra perusahaan. Kompetensi seorang frontliner sangat dibutuhkan dalam rangka pencapaian visi dan misi perusahaan,” ungkap Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Senin (27/7/2020)

Program Duta Pelayanan ATB telah berlangsung sejak tahun 2017, dan bertujuan untuk menjaga konsistensi kualitas pelayanan prima. ATB menjaga kualitas layanannya agar tidak stagnan. Karena ekspektasi dan kebutuhan pelanggan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman.

Termasuk ketika harus berhadapan dengan krisis dan pandemi. ATB tetap memberikan layanan eksekutif frontliner untuk mempercepat proses pelayanan informasi pengaduan dan kenyamanan bagi pelanggan dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

“Pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi profesionalitas dalam melayani pelanggan di ATB. Duta Pelayanan tetap menjalankan tugasnya dengan baik, dan sangat memperhatikan protokol kesehatan dalam pelayanan demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tutur Maria.

ATB terus menggalakkan agar pelanggan memanfaatkan layanan kanal media digital ATB untuk berinteraksi. Namun bagi yang harus datang ke Kantor Pelayanan Pelanggan akan mendapatkan asistensi khusus untuk pengisian lembar pengaduan guna meminimalisasi interaksi langsung.

Maria menambahkan, perusahaan harus berani berinvestasi untuk terus meningkatkan keahlian sumber daya manusianya. Terutama frontliner yang berada di garis paling depan dalam pelayanan kepada pelanggan.

Untuk memiliki frontliner yang andal, ATB terlebih dahulu fokus menerapkan budaya pelayanan di lingkungan internal perusahaan. Selain keahlian, dalam menyeleksi frontliner, ATB juga mengutamakan kejujuran, ketulusan, etika dan inisiatif. Hal ini agar pelanggan benar-benar mendapatkan pelayanan yang berkualitas.

“Memiliki keahlian saja tidak cukup untuk menjadi seorang frontliner atau duta pelayanan yang unggul. Walaupun teknologi berkembang pesat namun seorang frontliner tidak dapat meninggalkan aspek human touch dalam pelayanannya,” paparnya.

Jika Ingin mengetahui lebih banyak, bagaimana ATB membangun pelayanan prima yang menghasilkan kepuasan pelanggan sesuai dengan dinamika teknologi serta kebutuhan pelanggan yang makin beragam, bisa mengikuti webinar Zoom Bersama ATB (ZoomBA) pada sesi Pelayanan Pelanggan. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui www.atbbatam.com atau follow Fanpages Facebook ATB Batam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.