Dukungan Masyarakat untuk Para Tenaga Medis di Kota Batam

INTREN.ID, BATAM – Bantuan untuk tenaga medis di RS Badan Pengusahaan (BP) Batam terus berdatangan dan hingga saat ini sudah lebih dari 24 organisasi profesi, perkumpulan, dan Gerakan Masyarakat Lawan Corona yang memberikan donasi di RS tersebut.

Bantuan atau donasi masyarakat itu sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi warga terhadap kinerja tenaga medis dalam penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Batam.

Manager Pemasaran dan Pengembangan Usaha RSBP Batam, Okta Riza, bantuan tersebut menjadi motivasi dan dorongan moril kepada para dokter dan tenaga medis.

“Bantuan yang kami terima sangat beragam, mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, desinfektan, dan multivitamin,” katanya, sabtu (4/4/2020).

Ia menjelaskan, APD yang didonasikan terbilang lengkap. Terdiri dari baju hazmat, sarung tangan lateks, masker bedah, masker N95, google, dan face shield.

Tidak hanya itu, bantuan makanan dan minuman juga turut diberikan kepada RSBP Batam.

Di antaranya dari Gerakan Cepat Mahasiswa Kedokteran Batam mendonasikan nasi kotak beserta susu, Nestle Pure Life Indonesia mendonasikan air mineral sebanyak 50 kotak dan Farmasi Institut Kesehatan Mitra Bunda bekerja sama dengan Prodi Gizi Institut Kesehatan Mitra Bunda mendonasikan susu dan jamu.

- ADVERTISEMENT -

Sementara relawan Buddha Tzu Chi Batam yang memberikan bantuan masker operasi, masker N95, dan google.

“Bantuan juga ada dari Alfamart Care, International Business Association (IBA), dan Kawan Lama Batam (KALAM) turut mendonasikan alat medis dan makanan kepada tenaga kesehatan di RSBP Batam,” jelasnya.

Sejumlah kelompok masyarakat juga memberikan ucapan terima kasih dan penyemangat bagi para tenaga medis dalam penanganan COVID-19 di RSBP Batam dalam bentuk papan ucapan karangan bunga yang dipasang berjajar di salah satu sudut halaman RSBP Batam.

Ia menjelaskan, diterimanya bersama Kasi Pengembangan Usaha RSBP Batam, Johan, selaku penanggung jawab kegiatan.

“Seluruh bantuan ini akan diberikan kepada Tim Covid-19 yang terdiri dari tenaga medis, yakni dokter dan perawat, hingga petugas cleaning service dan security,” kata Okta Riza.

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Batam per tanggal 2 April 2020 pukul 12.00 WIB, diketahui jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang ditangani RSBP Batam sebanyak 131 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 17 orang, dan pasien positif 1 orang.

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.