Dukung Keberlangsungan UMKM Lokal, GoFood Hadirkan Hari Kuliner Nasional

Di Sumatra Bagian Selatan, Redam Pelemahan Ekonomi Akibat Pandemi Virus Corona

INTREN.ID – Layanan antar makanan GoFood menghadirkan program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) di Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel). Program ini diluncurkan untuk membantu ribuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjaga keberlangsungan bisnisnya, guna meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi virus corona baru (Covid-19).

Vice President Regional Sumbagsel Gojek, Erika Agustine mengatakan, program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020. Program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja.

“Program yang meningkatkan jumlah pesanan dari merchant UMKM ini juga membantu menjaga penghasilan harian mitra driver yang mengantarkan makanan selama pandemi Covid-19 di Sumbagsel,” terang Erika.

Dijelaskan, program Harkulnas di Sumbagsel meliputi provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Riau (Kepri) dan Jambi, diikuti lebih dari 3.000 outlet merchant. Palembang lebih dari 1.500 outlet, Bandar Lampung lebih dari 900 outlet dan Batam lebih dari 700 outlet.

Kata dia, di masa pandemi Covid-19 ini GoFood telah mendorong sejumlah upaya untuk mendukung penjualan harian mitra merchant UMKM. Program dukungan bagi mitra merchant tersebut antara lain memaksimalkan eksposur dan visibilitas untuk meningkatkan traffic serta potensi penjualan.

Program dukungan itu meliputi penempatan merchant di in-app shuffle cards, mengajak merchant mengikuti berbagai program promo seperti Harkulnas, memberikan voucer diskon ongkos kirim untuk menarik minat pelanggan memilih spesifik merchant, juga mengajak merchant membuat promo mandiri secara fleksibel melalui fitur Recommended Campaign (RC feature) di aplikasi GoBiz.

Program dukungan lainnya yaitu dengan menjaga volume transaksi. Yaitu lewat menu “Traktir Driver Gojek” yang memberikan konsumen pilihan untuk berbagi dengan driver Gojek.

“Di tengah masa Covid-19 saat ini, Gojek terus berupaya agar mitra merchant UMKM lokal bisa terus menggeliat dan memperoleh penghasilan,” tutur Erika.

- ADVERTISEMENT -

Diakui, adanya perubahan pola konsumsi di masyarakat lokal yang kian mengandalkan aplikasi online membuat Gojek terus berinovasi untuk bisa memberikan layanan sebaik mungkin bagi konsumen. Terutama untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Sumbagsel.

“Sehingga baik mitra driver maupun mitra merchant kami bisa terus mendapatkan penghasilan, namun tetap melakukan aktivitas sesuai dengan standar higienitas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kami berharap mitra-mitra merchant kami memanfaatkan peluang ini untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka di masa pandemik ini,” ungkapnya.

Upaya Gojek dan GoFood yang secara konsisten mendukung keberlangsungan usaha mitra UMKM dan pendapatan mitra driver Gojek diapresiasi oleh Pemerintah. Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan, dalam situasi seperti saat ini, pemerintah mengapresiasi langkah proaktif Gojek dengan layanannya GoFood yang mendukung puluhan ribu UMKM.

“Selain menjadi platform untuk berjualan online, Gojek dan ekosistemnya bisa saling meringankan beban satu sama lain. Melalui layanan pesan-antar makanan, GoFood dapat mendorong arus permintaan terhadap UMKM sehingga mereka dapat terus bekerja dan berpenghasilan. Semangat gotong-royong inilah yang sangat diperlukan untuk terus membantu menghidupi para UMKM dan keluarganya di masa yang sulit ini,” beber Teten,

Harkulnas GoFood tahun ini menawarkan lebih dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus. Tiap tahunnya, Harkulnas GoFood terbukti meningkatkan pendapatan mitra merchant. Harkulnas GoFood 2019 di wilayah kota Palembang sendiri mencatat total dan pertumbuhan nilai transaksi pada outlet mitra merchant GoFood meningkat sebesar 25%.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di Harkulnas GoFood 2019 adalah Muhammad Aris. Pemilik Sate dan Gule Bu Tinik Palembang mengatakan, tahun lalu penjualan semasa Harkulnas memang cukup signifikan memberi pengaruh. Penjualan mengalami kenaikan sampai 40%.

“Tetapi tahun ini karena terdampak Covid-19 jadi agak berat. Tidak cuma kami, tetapi semua bisnis juga mengalami kesulitan. Tapi kami tetap ikut Harkulnas karena ini adalah bagian dari ikhtiar kami. Harapannya, program ini memberikan dampak terhadap penjualan yang signifikan seperti sebelumnya,” sebut Aris.

Promo Harkulnas GoFood yang dimulai dari tanggal 1 April – 5 Mei 2020 akan menawarkan pengalaman berkuliner dengan keuntungan yang bisa diminati pengguna. Di antaranya setiap hari kulineran yaitu diskon hingga 40% untuk menu Harkulnas GoFood setiap hari. Happy hour diskon 70% menu Harkulnas GoFood setiap hari Kamis dan Sabtu pukul 13.00-16.00 WIB. Dan puncak Harkulnas GoFood 5 Mei dengan diskon 55% sepanjang hari. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.