- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Duh, Spanduk Rasis Terbang dalam Laga Manchester City Kontra Burnley

INTREN.ID – Rasisme yang terjadi di Amerika Serikat menyebar ke Premier League. Laga Manchester City melawan Burnley di Etihad Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, Selasa (23/6/2020) WIB pun menjadi ternoda karenanya.

Hal ini lantaran ada spanduk berisi pesan rasisme supremasi kulit putih yang diterbangkan salah seorang suporter Burnley. Sontak spanduk itu membuat masyarakat Inggris menjadi marah.

Spanduk heboh itu bertuliskan “White Lives Matter Burnley” yang memiliki arti rasisme terhadap masyarakat berkulit hitam. Pesan tersebut merupakan kampanye tandingan “Black Lives Matter” yang menyatakan supremasi kulit putih terhadap kulit hitam.

Rupa-rupanya, penerbangan spanduk itu merupakan tindakan oknum suporter. Burnley sendiri menyatakan kecamannya kepada pihak yang menerbangkan pesawat terbang dengan spanduk rasis tersebut di ekornya di atas stadion, tepat saat laga berlangsung.

- ADVERTISEMENT -

Malahan, klub berjuluk The Clarets itu menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkhusus Liga Inggris. Mereka menyatakan bakal membantu aparat berwajib untuk menangkap pelaku rasisme itu.

“Burnley sangat mengutuk tindakan orang-orang yang bertanggung jawab atas pesawat dan spanduk ofensif tersebut. Kami ingin menegaskan jika mereka yang melakukan aksi itu tidak diterima di Turf Moor,” tulis pernyataan resmi klub.

“Kami meminta maaf tanpa syarat kepada Premier League, ke Manchester City, serta kepada semua yang membantu mempromosikan Black Lives Matter,” imbuh pernyataan itu.

Adapun laga itu sendiri dimenangkan oleh Manchester City. The Citizens sukses membantai Burnley dengan skor telak lima gol tanpa balas. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.