Duh, Pemenang Lelang Motor Jokowi Ternyata Buruh Bangunan

INTREN.ID, JAMBI – Lelang motor listrik Gesits bertanda tangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam konsel amal “Berbagi Kasih Bimbo” tak berakhir manis. Pasalnya pria bernama M Nuh (46) yang memenangkan lelang senilai Rp 2,5 miliar ternyata bukanlah pengusaha sebagaimana yang disebutkan sebelumnya.

Alih-alih pengusaha, warga Kampung Manggis, Kecamatan Pasar, Kota Jambi itu ternyata buruh harian lepas. M Nuh pun diperiksa polisi atas perbuatannya tersebut.

Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, pihaknya sudah melakukan wawancara pada M Nuh. Pihaknya tidak melakukan penahanan atau penangkapan karena ternyata pria itu tidak memahami lelang yang dimaksud.

“Ya memang yang bersangkutan tidak paham acara yang diikuti adalah lelang, dan yang bersangkutan mengira bakal dapat hadiah bukannya penyumbang,” kata Firman.

M Nuh lantas meminta perlindungan kepada kepolisian lantaran ketakutan ditagih. Pria itu melapor ke Polsek Pasar, Kota Jambi,” kata Irjen Firman Shantyabudi.

- ADVERTISEMENT -

Sosok M Nuh diungkap ketua RT tempatnya tinggal, Ibrahim. Kata Ibrahim, memang ada warganya bernama M Nuh, tetapi bukan sebagai pengusaha.

“Ada warga saya, latar belakangnya tidak mungkin. Karena dia buruh bangunan,” ungkap Ibrahim.

Dia mengetahui kabar tersebut dari berita yang viral melalui WhatsApp (WA). Berikutnya para wartawan dan instansi mendatanginya untuk mengetahui sosok pemenang lelang tersebut.

Sebelumnya dalam lelang untuk membantu para seniman yang terkena dampak virus corona (Covid-19), pemerintah menggalang konser amal. Salah satu agenda dalam konser tersebut adalah lelang motor listrik Gesits produk lokal yang bertanda tangan Jokowi.

Dalam lelang secara virtual itu, M Nuh yang disebut sebagai pengusaha asal Jambi menelepon dan mengajukan tawaran Rp 2,5 miliar. Dia mengalahkan dua penawar tertinggi yaitu Maruarar Sirait sebesar Rp 2,2 miliar dan Warren Tanoesoedibyo dengan Rp 1,5 miliar. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.