- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Duet Maut Demokrat dan PDIP di Pilkada 2020, Sudah Bangun Koalisi di Berbagai Daerah

Silaturahmi AHY dengan Puan Maharani, Bahas Penanganan Covid-19 hingga Politik

INTREN.ID, JAKARTA – Usai silaturahmi dengan para anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan silaturahmi dengan ketua DPR RI Puan Maharani, di Gedung Nusantara III, ruang ketua DPR, Kamis (6/8/2020) siang. Ini adalah silaturahmi kebangsaan dalam kapasitas Puan Maharani sebagai pimpinan DPR RI.

“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan, saya bersyukur hari ini bisa menyambung tali silaturahmi dengan Ibu Puan yang sebetulnya sudah lama kita rencanakan. Namun tentu dalam masa pandemi Covid-19 ini tidak mudah mencari waktu yang tepat dan seperti yang disampaikan tadi, pertemuan tadi berjalan dengan sangat baik, penuh dengan kekeluargaan, karena sebetulnya kami juga sering berkomunikasi sebelum masa Covid-19 ini,” terang AHY.

Dalam kapasitas Puan sebagai ketua DPR RI dan AHY sebagai ketua umum Partai Demokrat, ini adalah kali pertama pertemuan antara keduanya. “Terima kasih Ibu Puan, dan tentunya tadi diskusi sangat cair banyak hal yang kami bicarakan, khususnya tentang situasi krisis masa pamdemi ini yang harus menjadi concern bagi kita semua. Saya tadi menyampaikan bahwa kami Partai Demokrat terus memberikan bantuan, baik pemikiran maupun tindakan melalui parlemen maupun struktur di lapangan,” AHY menjelaskan.

 

Suasana pertemuan antara petinggi Partai Demokrat dan PDIP. (ist)

 

Menurut AHY, tidak mudah menghadapi musuh yang tidak terlihat ini. Dia pun berharap Indonesia bisa segera mengatasi pandemi Covid-19 yang saat ini angkanya masih cukup tinggi.

“Kami tetap optimistis dengan kebersamaan dan kesatuan elemen bangsa, termasuk Partai Demokrat dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kami juga tadi membicarakan dampak ekonomi yang tadi dikatakan turun di kuartal kedua ini. Mudah-mudahan ada berbagai upaya efektif untuk bisa menumbuhkan kembali ekonomi kita,” terang AHY.

Puan sebagai salah satu pimpinan partai juga mewakili ketua umum PDIP Megawati Soerkarnoputri, menerima delegasi Partai Demokrat. Pasalnya, di saat bersamaan Megawati berhalangan hadir.

“Karena memang kebetulan ini adalah pertemuan pertama saya dengan pimpinan PDIP, tentu saya menyampaikan salam hormat kepada ketua umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri. Semoga beliau selalu sehat walafiat dan tadi kami juga berbicara cukup banyak kebersamaan Partai Demokrat dan PDIP di berbagai pilkada. Mudah-mudahan kerja sama dan sinergi ini bisa terus kita pelihara untuk negeri ini,” tandas AHY.

Kerja sama Demokrat dan PDIP dalam Pilkada 2020 adalah terbesar kedua dalam berkoalisi, baik bagi Partai Demokrat maupun PDIP, yaitu 28 pasangan.

Dalam pertemuan yang hangat tersebut, AHY tak lupa mengajak Puan untuk makan durian bersama dalam kesempatan mendatang, karena ternyata keduanya adalah penyuka buah durian.

Senada dengan AHY, Puan juga sepakat dengan kerja sama antara dua partai dalam Pilkada 2020. “Saya kebetulan selain Ketua DPR, menjadi salah satu ketua PDIP. Di 270 Pilkada ini, Alhamdulillah di beberapa tempat antara PDIP dengan Partai Demokrat melakukan kerja sama untuk mendukung calon di beberapa tempat tersebut. Juga Alhamdulillah sejak Mas AHY dilantik menjadi ketua umum Partai Demokrat, ini pertemuan kami yang pertama dalam melakukan silaturahmi sebagai ketua umum dan juga ketua DPR. Kami berharap pertemuan ini bukan yang terakhir, agar kita terus bisa bersilaturahmi untuk membicarakan bagaimana bangsa ini ke depan,” ujar Puan.

AHY hadir didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, dan sekretaris Fraksi Partai Demokrat Marwan Cik Asan. Sementara Puan selaku salah satu ketua PDIP juga mewakili ketua umum PDIP, didampingi dua petinggi PDIP, Utut Adianto dan Bambang Wuryanto.

- ADVERTISEMENT -

Tumbuhkan Kepercayaan Publik

Pertemuan antara AHY dengan Puan mendapat respon hangat dari Bintang Muda Indonesia (BMI), sayap Partai Demokrat.

“BMI senang dengan pertemuan-pertemuan dan silaturahmi yang dilakukan oleh Mas AHY, ketua umum Partai Demokrat. Karena hal ini akan menimbulkan rasa saling menghormati, menghargai, menciptakan kondisi damai di perpolitikan Indonesia,” kata ketua umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) BMI, Farkhan Evendi.

Lebih dari itu, lanjut dia, silaturahmi yang konstruktif semacam ini, salah satunya bertemu dengan tokoh-tokoh politik dan bangsa, akan mendorong rasa simpati rakyat terhadap petinggi partai atau negara.

“Menimbulkan kepercayaan baru yang akhir-akhir ini turun, bahkan rusak akibat politik pecah belah pasca pilpres (pemilihan presiden),” jelasnya.

Tradisi saling mengunjungi dan sharing gagasan antara petinggi partai ini, lanjut Farkhan, arus dijaga dan dibiasakan oleh pihak manapun. Menurutnya, sikap politik terbuka dan hormat kepada organisasi lain yang dikembangkan oleh AHY bisa diikuti oleh tokoh-tokoh lain, agar rakyat kembali bangkit moralnya.

Sehingga, sambung dia, pemerintah bisa fokus dengan agenda-genda penanganan masalah dan pembangunannya. Seperti penanganan Covid-19 dan situasi krisis ekonomi ini.

 

Ketua umum DPN BMI, Farkhan Evendi (kiri) bersama ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (ist)

 

“BMI sebagai sayap progresif juga akan meniru langkah ketua umum Partai Demokrat untuk membiasakan silaturahmi dan sharing gagasan kepada sesama kaum muda untuk berpartisipasi dalam memikirkan problem kebangsaan,” tutup Farkhan. (***)

 

Reporter: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.