Dua Ratus Lebih WNI Terjangkit Corona di Luar Negeri

Kasus Terbanyak di Kapal Costa Luminosa

INTREN.ID, JAKARTA – Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus corona baru (Covid-19) bukan hanya di dalam negeri saja. Melainkan ada juga yang berada di luar negeri. Bahkan jumlahnya sudah mencapai 204 WNI, menurut data yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) per Jumat (3/4/2020).

Data Kemlu menyatakan, kasus terbanyak berada di bawah kategori International Conveyance. Yaitu kasus yang terjadi pada anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dengan total 49 kasus. Di antaranya termasuk di Kapal Costa Luminosa yang bersandar di Italia.

Kasus terbanyak kedua berada di Malaysia dengan 39 WNI terjangkit. Sebanyak 34 dari total jumlah dalam keadaan stabil, tiga orang sembuh, dan dua orang meninggal dunia.

Selanjutnya di Singapura terdapat total 36 kasus. Dari jumlah itu, 28 WNI berada dalam keadaan stabil, satu dalam penanganan khusus, dua orang meninggal dunia dan lima orang sembuh.

Di India, 14 WNI tercatat positif Covid-19. Sepuluh orang dinyatakan sembuh dan empat dalam keadaan stabil. Sedangkan di Spanyol terdapat 11 kasus WNI dengan dua orang sembuh dan sembilan dalam keadaan stabil.

- ADVERTISEMENT -

Di Jepang, sembilan WNI yang terjangkit telah dinyatakan sembuh. Sementara di Arab Saudi terdapat enam WNI, tujuh di Vatikan. Empat kasus positif masing-masing tercatat di Jerman dan Brunei Darussalam. Lalu di Taiwan, Makau, dan Jerman masing-masing tiga kasus.

Dua kasus tercatat masing-masing di Australia, Uni Arab Emirat, Qatar, Kamboja, dan Amerika Serikat. Semua dilaporkan nya berada dalam keadaan stabil.

Sedangkan satu kasus tercatat masing-masing di Filipina, Oman, Korea Selatan, Irandia, dan Belgia. Sayangnya satu orang WNI positif Covid-19 meninggal dunia di Inggris.

Dengan demikian, total kasus COVID-19 WNI di luar negeri mencapai 204 orang dengan total sembuh 31 orang atau 15 persen dari jumlah kasus. Jumlah tersebut bertambah sebanyak lima kasus dibandingkan hari sebelumnya pada 2 April, yakni 191 kasus. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.