Dua Perusahaan Industri Ciptakan Klaster Baru di Batam, Ini Kemungkinan Penyebabnya

INTREN.ID, BATAM – Dalam beberapa hari terakhir ratusan karyawan swasta di beberapa perusahaan industri di Kota Batam menjadi penyumbang kasus virus corona baru (Covid-19) dengan jumlah yang cukup tinggi.

Total karyawan swasta yang telah terpapar Covid-19 di Batam berjumlah 462 orang. Kasus terbanyak datang dari Perusahaan berlokasi di kawasan Batamindo Industrial park dengan jumlah 63 kasus.

Terbaru ada penambahan 67 kasus dari perusahaan industri yang berlokasi di Panbil Industrial yang baru diungkapkan oleh Satgas Covid-19 Kota Batam.

Menurut Ketua Bidang Kesehatan Satgas Covid-19 Kota Batam Didi Kusmarjadi, lonjakan kasus di kawasan perusahaan tersebut terjadi karena kurang baiknya penerapan protokol kesehatan di kawasan tersebut.

- ADVERTISEMENT -

“Penularan di dalam kawasan bisa jadi karena kurang baik. Terutama dalam hal kualitas masker yang digunakan,” kata Didi.

Tak hanya itu, dugaan masih kurang baiknya penerapan sosial distancing juga menjadi sebab pendukung lainnya.”Masih berkumpul saat jam makan,” ungkapnya.

Lanjut Didi, pihaknya juga telah mengarahkan manajemen perusahaan untuk segara melakukan tindakan pencegahan penyebaran kepada karyawan lainnya dengan melakukan swab mandiri. “Kami suruh swab massal mandiri. Kalau tidak ya terpaksa lockdown,” tegasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.