Dua Pekan New Normal, Kesembuhan Pasien Corona Batam Capai 70 Persen

INTREN.ID, BATAM – Tepat dua pekan penerapan tatanan kenormalan baru atau New Normal di Kota Batam, tren kesembuhan pasien virus corona baru (Covid-19) terus meningkat. Malahan hampir mencapai 70 persen.

Seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi, dalam pesan tertulisnya, Kamis (25/6/2020). Sebanyakan 12 pasien yang telah menjalani perawatan tersebut kini telah dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19.

“Berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Keseluruhan pasien tersebut merupakan OTG (orang tanpa gejala, Red.),” ucap Rudi.

Data para pasien tersebut di antaranya pertama Khairani (30) IRT kasus nomor 67, Lutpiah (38) IRT kasus nomor 147, Lilik (60) seorang tukang pijat kasus nomor 164, Pasha (26) karyawan kasus nomor 171, Rita (47) IRT kasus nomor 173, James (55) karyawan swasta kasus nomor 174, Jamaluddin (57) pedagang sayur pasar Toss 3000 kasus nomor 178.

Selanjutnya Yunita (18) mahasiswa kasus nomor 182, Mulyadi (27) karyawan swasta kasus nomor 184, Saibun (30) pedagang Pasar Toss 3000 kasus nomor 185, Zulfahmi (32) karyawan swasta kasus nomor 186, dan yang terakhir seorang balita Delio (4) merupakan kasus nomor 192.

Rudi menyampaikan, saat ini kondisisemua pasien dalam keadaan sehat dan stabil. Serta dalam persiapan untuk kembali ke tempat tinggalnya guna melaksanakan karantina mandiri di rumahnya selama 14 hari.

- ADVERTISEMENT -

Berdasarkan hasil tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 148 orang. Dengan rincian 79 orang wanita dan 69 orang pria. Sedangkan pasien yang masih menjalani perawatan berjumlah 58 orang termasuk dua pasien Re-infeksi.

Terpisah, kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi menyampaikan masih ada 32 sampel yang menunggu hasil swab kedua pada hari ini.

“Yang menunggu hasil swab kedua pada hari ini baru 32 sampel dari tiga Rumah sakit, RSUD Embung Fatimah, RS Harapan Bunda dan RS Soedarsono Darmosoewito yang dikumpulkan dari beberapa Puskemas,” ucap Didi.

Didi mengungkapkan untuk 26 pasien lainnya, sampel swab menujukkan hasil negatif dan beberapa di antaranya masih positif. “Pengujian sampel harus terus dilakukan. Hingga dua kali berturut-turut dinyatakan negatif, baru kami nyatakan sembuh,” tutupnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.