Dua Nama Usulan PDI Perjuangan Kaltim untuk Jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan: H Baba dan Risti Utami Dewi

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Kursi Wakil Wali Kota Balikpapan masih kosong sepeninggal Thohari Aziz yang tutup usia sebelum dilantik lantaran Covid-19. Dua nama pun diusulkan DPD PDI Perjuangan Kaltim untuk mendampingi Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Drs H Safaruddin buka suara. Setelah menyimpan rapat-rapat dua nama yang dimaksud, akhirnya Kapolda Kaltim 2015-2018 itu buka suara. Dua nama tersebut sudah disetor ke DPP PDI Perjuangan untuk mendapat persetujuan.

“Sudah ada dua nama yang kita usulkan ke DPP,” kata anggota DPR RI Dapil Kaltim itu saat dikonfirmasi di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Katim, Sabtu (26/6/2021) di Hotel Grand Tjokro, Jalan Marsma R Iswahyudi Sepingan, Balikpapan.

Safaruddin mengungkapkan, kedua nama tersebut telah melakukan fit and proper test. Saat ini tinggal menunggu keputusan DPP Partai.

“Sudah semua, tinggal menunggu keputusan DPP saja. Dua nama itu adalah H Baba (anggota DPRD Kaltim) dan ibu Risti Utami Dewi (istri almarhum Thohari Aziz),” ungkap anggota Komisi III DPR RI yang membidangi masalah hukum, keamanan, dan hak asasi manusia (HAM) itu.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan partai politik (parpol) juga mengusulkan nama. Namun Safaruddin kembali menyinggung soal etika berpolitik. Mengingat posisi Wakil Wali Kota Balikpapan adalah hak PDI Perjuangan.

“Kalau parpol lain usulkan nama, PDI Perjuangan tak bisa terima begitu saja. Masa partai lain yang mau ambil, kita yang berkeringat kok. Semua tahu bahwa Pah Thohari yang berjuang. Iya janganlah. Dalam berpolitik itu ada yang namanya etika dan hati nurani,” tegasnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.