Dua Belas Rumah Sakit Jadi Rujukan Pasien Corona, 70 Persen Dirawat di RSKI Galang

INTREN.ID, BATAM – Sebanyak 12 rumah sakit kini telah menjadi rujukan untuk pasien virus corona baru (Covid-19). Hal ini sesuai instruksi Ketua Satgas Covid-19 Batam, Muhammad Rudi terkait jumlah pasien Covid-19 yang telah menyentuh jumlah seribu lebih,

Kedua belas rumah sakit tersebut antara lain RSUD Embung Fatimah, RSBP Batam, RS Elisabeth Batam Kota, RS Elisabeth Lubuk Baja, RS Elisabeth Sei Lekop, RSBK, RSHB, RSGH, RS Bhayangkara, RS Awal Bros, RSSD, dan RSKI covid-19 Galang.

Namun pada penanganan di lapangan, RSKI Covid-19 Galang menjadi pusat pasien Covid-19 menjalani isolasi. Yang dikabarkan hanya berjalan selama 14 hari sesuai Permenkes Nomor 5 Tahun 2020.

Jumlah pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 323 pasien, sesuai data satgas covid-19 kota Batam tanggal 20 September 2020. Sedangkan rumah sakit dengan jumlah pasien Covid-19 terbanyak kedua adalah RSUD Embung Fatimah dengan 47 orang.

- ADVERTISEMENT -

Selanjutnya RS Awal Bros dengan 28 pasien dan RSBP Batam dengan 25 orang. Untuk di RS Elisabeth Lubuk Baja terdapat 21 pasien dan sisnya tersebar di beberapa rumah sakit lainnya. Rudi juga mengungkapkan adanya tiga pasien yang menjalani isolasi secara mandiri di kediamannya masing-masing.

Per 20 September 2020 pukul 15.00 WIB, pasien Covid-19 di Kota Batam yang masih menjalani perawatan berjumlah 476 orang. Sedangkan pasien yang telah sembuh mencapai 652 dari jumlah pasien terpapar sebanyak 1.171 orang. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.