Dua Balita Kakak Beradik di Bontang Positif Corona, Punya Riwayat Perjalanan ke Trenggalek

INTREN.ID, BONTANG – Kabar tidak menyenangkan kembali diumumkan Tim Gugus Percepatan dan Penanganan Covid-19 Bontang hari ini, Jumat (17/7/2020). Dua orang anak bawah lima tahun (balita) dinyatakan positif terpapar virus corona. Kini mereka berdua diberi kode BTG 18 dan BTG 19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bontang dr Bahauddin menjelaskan, kasus BTG 18 merupakan anak laki-laki berusia 2 tahun 10 bulan, dan kasus BTG 19 merupakan anak perempuan berusia 4 tahun 3 bulan. “Keduanya merupakan kakak beradik,” ujarnya.

Dipaparkan Bahauddin, keduanya pernah melakukan perjalanan dari Trenggalek, Jawa Timur (Jatim) ke Bontang pada 25 Juni lalu dengan diantar oleh kakeknya. Lalu pada 27 Juni lalu, mereka pernah mendapatkan kunjungan dari keluarga di Balikapapan, yang mana keluarganya tersebut menderita sakit pilek, sehingga ikut menular ke bapak dan ibu si balita tersebut.

Berikutnya pada 1 Juli, keduanya mengalami gejala sakit. BTG 18 mengalami demam, batuk pilek, dan bersin, sementara BTG 19 mengalami bersin-bersin. Kedua balita tersebut beserta kakek yang mengantarkan tadi lalu melakukan rapid test.

“Hasilnya si kakek dan BTG 19 non reaktif, sementara BTG 18 hasilnya menunjukkan reaktif,” paparnya. Berikutnya dilakukan swab tes dan hasilnya kedua balita tersebut dinyatakan positif. Sementara si kakek menunjukkan negatif. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.