Doodle Art Google Tampilkan Gambar Subak Bali, Ini Penjelasannya

INTREN.ID, JAKARTA – Sistem pertanian khas Bali, Subak, menjadi perhatian warganet, Senin (29/6/2020). Pasalnya sistem pengairan tersebut diperingati mesin pencari Google lewat Doodle Art-nya.

Dalam tampilan halaman utamanya hari ini, Google menampilkan gambar lahan pertanian nan hijau dengan sistem irigasi subak. Subak tersebut membentuk tulisan “Google”, dengan seorang petani bermasker duduk mengawasinya di pondok.

Rupa-rupanya gambar tersebut merupakan bentuk perayaan Google terhadap Subak yang pada hari ini, delapan tahun lalu tepatnya 2012, sistem irigasi ini tercatat resmi dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO.

Hana Augustine adalah sosok yang telah menggambar doodle tersebut. Dia menyatakan kekaguman subak berasal dari Indonesia. Karenanya Hana berharap melalui doodle itu, banyak orang bisa belajar tentang asal usul subak.

“Ketika orang bepergian ke Indonesia atau negara lain dan melihat sistem irigasi ini di sawah, saya harap mereka berkata, ‘Hei! Tahukah kamu bahwa subak berasal dari Indonesia?'” ungkap seniman yang berbasis di Indonesia ini.

- ADVERTISEMENT -

Kata dia, petani patut mendapat apresiasi lantaran dapat mempertahankan subak yang merupakan warisan leluhur. Ironisnya keberadaan petani ini kerap diabaikan padahal kebutuhan pangan masyarakat berasal dari mereka.

Subak dikenal sebagai jaringan kanal, terowongan, dan bendungan yang digunakan para petani di Bali untuk mempertahankan sawah yang subur dan hidup dalam simbiosis dengan alam selama lebih dari seribu tahun.

Kata subak bukan hanya merujuk infrastruktur irigasi. Melainkan pada tradisi sosial koperasi yang mengelilinginya. Dengan sistem ini, pasokan air yang terbatas dikelola secara damai melalui sekira 1.200 kolektif petani individu.

Subak disebut sebagai cerminan dari filosofi Bali kuno Tri Hita Karana. Artinya tiga penyebab kesejahteraan dan menggambarkan cita-cita, kerohanian, antarpribadi, dan harmoni alam.

Ideologi ini diturunkan dari generasi ke generasi sejak sistem subak pertama kali dibuat pada awal abad ke-9. Informasi lebih lengkap mengenai subak bisa didapatkan dengan meng-klik doodle art subak tersebut yang hanya muncul di Indonesia. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.