Dokter Gigi di Batam Positif Covid-19, Pelayanan Gigi dan THT Dihentikan

INTREN.ID, BATAM – Adanya penambahan penderita Covid-19 dengan pasien nomor 16, yang merupakan seorang dokter gigi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi memerintahkan penghentian pelayanan kesehatan gigi serta telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di Kota Batam, Kamis (16/4/2020).

Pasien nomor 16 berinisial TK terinfeksi virus beralias setelah sebelumnya melakukan pemeriksaan kepada pasien 09 yang mengeluh sakit gigi, saat berobat di salah satu Puskesmas di Kecamatan Batu Aji.

“Pada saat TK melakukan pemeriksaan terhadap pasien 09 itulah kontak terjadi, sehingga TK terpapar Covid-19,” kata Didi.

Penghentian pelayanan kesehatan gigi dan THT telah diinstruksikan oleh Kadinkes Kota Batam sejak Selasa (14/4/2020) lalu, untuk meminimalisir kontak yang terjadi antara pasien dengan dokter.

“Sementara kami hentikan pelayanan, kecuali ada yang darurat,” ungkapnya.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam juga akan melakukan contact tracking kepada para pasien yang pernah dilayani TK yang kini berstatus positif Covid-19.

“Kami akan melakukan contact tracking, dan kemarin ada rencana KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) juga akan membantu dalam hal ini,” pungkasnya. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.