DKP3 Bontang Lakukan Vaksinasi Hewan Gratis demi Mencegah Penularan Rabies

INTREN.ID, BONTANG – Guna mencegah terjadinya penyakit rabies pada sejumlah hewan peliharaan masyarakat, Pemkot Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) melakukan vaksinasi gratis. Ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari rabies sedunia.

Tidak semua hewan bisa divaksin. Hanya diperuntukkan bagi yang berpotensi menularkan penyakit rabies yaitu monyet, kucing, dan anjing. Pelaksanaannya dilakukan terpusat di Gedung Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Jalan Letjen S Parman, Kelurahan Gunung Telihan selama 13 hari, mulai 15-28 September 2020.

“Dengan vaksinasi ini kami berharap bisa mencegah adanya penyakit rabies,” ujar Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang drh Riyono.

Sebelum pandemi Covid-19, kata dia, pelayanan vaksinasi dilakukan dari rumah ke rumah. Namun saat ini dilakukan secara terpusat dan dibatasi waktu berkunjungnya hanya empat jam. Mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIta. Hewan yang divaksin pun harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya sehat, tidak bunting, dan minimal berusia tiga bulan.

- ADVERTISEMENT -

Untuk memastikan kesehatan hewan, sebelum divaksin hewan tersebut pun akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas. Jika ditemukan hewan tersebut sakit, maka akan diobati terlebih dahulu sampai sembuh. DKP3 menargetkan, pemberian vaksinasi rabies pada hewan peliharaan ini bisa mencapai 200 vaksin.

“Bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan dan ingin divaksin gratis, segera mendatangi kami sesuai dengan waktu dan jadwal yang telah ditentukan,” imbaunya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.