Ditentang Banyak Pihak, Wali Kota Batam Batalkan Lockdown

Terapkan Langkah Lain Cegah Penyebaran Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Rencana Lockdown atau karantina wilayah yang akan dilakukan untuk Kota Batam urung terlaksana. Wali Kota Batam Muhammad Rudi pada Selasa (7/4/2020) sore menuturkan, pembatalan dilakukan setelah mendapat pertentangan dari banyak pihak.

Rudi mengungkap, sejatinya sudah menyiapkan lebih dari 415 ribu paket sembako untuk masyarakat yang akan diberikan saat karantina wilayah. Lantaran saat karantina wilayah tidak ada kegiatan sama sekali.

“Banyak pihak yang tidak setuju dan menentang dengan rencana karantina wilayah. Kini kita ambil langkah lain untuk menekan penyebaran Covid-19 di Batam,” sebutnya.

Beberapa langkah yang akan akan diterapkan di antaranya wajib menggunakan masker bagi seluruh warga Batam saat melakukan aktivitas di luar rumah. Apabila ada yang membandel, Rudi menyebut tidak segan memberikan tindakan tegas.

“Akan kami perketat social distancing dan akan kami wajibkan penggunaan masker untuk kita semua di kota Batam,” terang Rudi.

Selain itu, dia juga berencana menggandeng perusahaan garmen di Batam untuk bisa memproduksi masker berbahan kain. Tujuannya menekan harga jual masker dan bisa dijangkau oleh masyarakat luas. “Kalau bisa, masker tersebut dijual dengan harga modal saja,” pintanya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakyakirti mengatakan, pihaknya sudah menemui beberapa perusahaan garmen untuk membicarakan produksi masker bagi masyarakat Batam. Juga dibicarakan negosiasi harga jual serta kemampuan produksi dari tiap perusahaan.

“Sudah ada tujuh perusahaan yang kami temui. Kami masih membicarakan harga jual dan nantinya kemampuan produksi untuk tiap-tiap perusahaan,” ungkap Rudi, Rabu (8/4/2020).

Sebelumnya, Disnaker Batam juga sudah memberikan surat edaran kepada seluruh pimpinan perusahaan. Untuk mewajibkan para karyawan nya menggunakan masker, pada saat bekerja. “Surat edaran sudah kami berikan Senin lalu. Kami berharap hal itu bisa segera diterapkan,” ucapnya.

Kata Rudi, penggunaan masker bagi setiap warga Batam pada saat di luar ruangan memang sudah menjadi kewajiban. Hal ini sesuai imbauan Wali Kota Batam. “Nanti akan ada sidak yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.