Disnaker Batam Fasilitasi Masyarakat Daftar Kartu Prakerja

Sediakan Komputer dengan Akses Internet Selama Jam Kerja

INTREN.ID, BATAM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam menyediakan fasilitas sarana dan prasarana bagi masyarakat yang ingin mendaftar kartu Prakerja. Pasalnya, diakui masih banyak warga yang belum miliki fasilitas untuk bisa melakukan pendaftaran, khususnya bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan juga para pencari kerja (pencaker).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Batam, Rudi Sakyakirti melalui Kabid Pelatihan dan Produktivitas, Marulis mengatakan, telah ada dua komputer dengan dukungan internet yang siap digunakan. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan bagi para calon pendaftar yang telah berada di Disnaker Batam.

“Kami hanya membantu memfasilitasi bagi masyarakat yang belum memiliki perlengkapan untuk mendaftar,” kata Marulis, Senin (13/4/2020).

Dijelaskan, pihaknya juga menempatkan satu orang staf yang bisa membantu mengarahkan para pendaftar yang belum mengerti akan alur pendaftaran kartu Prakerja tersebut. Penggunaan fasilitas tersebut, hanya bisa digunakan oleh para pendaftar selama jam kerja kerja berlangsung.

Untuk kecepatan pendaftaran pada satu calon peserta, tidak bisa ditentukan waktunya. Terlebih untuk saat ini proses pengunggah data masih terkendala akibat server yang melemah.

“Mungkin karena ini tahap awal, jadi berbagai pendaftar ada dari berbagai daerah. Wajarlah kalau lemah. Dan kami hanya memfasilitasi. Sementara untuk keberhasilan, pusatlah yang menentukan,” ungkapnya.

Sementara itu Kasie Kelembagaan dan Intrusi Disnaker Batam Nur Halim menjelaskan tiga langkah mudah mendaftar kartu Prakerja. Yang pertama yaitu membuat akun Prakerja.

- ADVERTISEMENT -

Dalam proses ini, para pendaftar harus memasuki Situs di www.Prakerja.go.id dan mengisi seluruh kolom informasi diri serta alamat email. Setelah itu bisa langsung cek kartu prakerja dari email yang anda miliki yang melakukan konfirmasi akun.

Langkah yang kedua yaitu pengisian Data diri, sesuai KTP, alamat, pendidikan terakhir, nomor telepon hingga foto Selfi diri. “Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengikuti tes. Pada saat mengikuti tes dengan durasi sekitar 15 menit, bisa juga menyiapkan alat tulis,” kata Nur.

Sebagai informasi tambahan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pendaftaran tahap awal ini dibuka sejak Sabtu (11/4/2020) hingga (16/4/2020) pukul 16.00 WIB. Pada gelombang satu, pemerintah memberikan kuota hingga 164.000 masyarakat untuk mendaftar di program Kartu Prakerja.

Untuk pengumuman peserta yang diterima pada tahap awal ini akan keluar pada Jumat (17/4/2020) mendatang. Dan bisa melaksanakan tahapan awal kartu prakerja akan dilaksanakan pada peserta yang lolos ini selanjutnya dapat mengikuti pelatihan secara online.

Untuk peserta yang tidak lolos, bisa kembali mendaftarkan diri di gelombang kedua, tanpa membuat akun baru. Untuk informasi seputar kartu pra kerja, pemerintah telah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.