Diskes Bontang Ingatkan Pentingnya Rutin Cuci Tangan

INTREN.ID, BONTANG – Mengampanyekan hidup sehat, salah satunya rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir diakui Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang sudah dilakukan sejak 2001 silam. Namun hal tersebut dahulu kerap dianggap sepele.

Setelah mewabahnya virus corona baru (Covid-19) saat ini, barulah masyarakat mulai faham tentang urgensi perilaku tersebut.

Kepala Diiskes Bontang, dr Bahauddin menjelaskan, faktor pembawa virus Covid-19 adalah manusia yang terinfeksi virus. Kata dia, virus tersebut akan tumbuh menjadi banyak di sepanjang saluran pernapasan, mulai dari rongga hidung, mulut, sampai paru-paru.

“Virus yang telah terinfeksi di tubuh manusia tersebut akan keluar pada saat orang tersebut berbicara, bersin, dan batuk. Radius penyebarannya bisa sampai 1 meter lebih. Dan akan menempel di benda-benda sekitar, terutama di tempat-tempat umum yang bisa kita sentuh,” terangnya.

Sementara penularan virus karena memegang benda sekitar yang tercemar virus tersebut kata Bahauddin, tidak bisa dihindarkan. Sehingga tim medis selalu menyarankan, untuk rutin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebagai langkah efektif membunuh virus Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

“Karena virus ini karakternya memiliki tubuh terbungkus oleh dinding dari struktur kimia lemah, yang mana virus ini sangat mudah hancur apabila terkena sabun,” paparnya.

Kata Bahauddin, kita tidak pernah tahu siapa orang di luar yang mengidap dan membawa virus Covid-19. Belum lagi, jumlah kasus positif terus bertambah. Maka masyarakat diminta untuk disiplin baik masalah mencuci tangan maupun menjaga jarak fisik dengan yang lain minimal 1,5 – 2 meter.

“Pandemi Covid-19 mengajarkan banyak hal. Maka, mulai saat ini masyarakat harus membiasakan cuci tangan pakai sabun, dan pembiasaan ini harus dimulai dari keluarga,” pungkasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.