Dishub Batam Resmikan BLU-E sebagai Pengganti KIR Konvensional

INTREN.ID, BATAM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam telah meresmikan penggunaan kartu Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-E) yang dilakukan oleh Wali kota Batam Muhammad Rudi, Kamis (21/1/2021) di Kantor Dishub Kota Batam.

Menurut Rudi, hal tersebut dilakukan untuk mendukung perealisasian smart city yang telah dicanangkan untuk Kota Batam.

“Penggunaan BLU-E ini diharapkan bisa mempermudah pelayanan kepada mereka yang punya kendaraan,” ucap Rudi.

Lanjut Rudi, dengan penerapan hal tersebut juga bisa memotong interaksi antara petugas dengan masyarakat di masa pandemi dan mengurangi potensi terjadinya kecurangan.

Di lokasi yang sama, Kepala Dishub Batam Rustam Effendi mengatakan pada sistem kali ini cukup diperlukan sekira 20 menit untuk bisa menyelesaikan proses pemeriksaan.

Yang kemudian pengendaranya akan mendapatkan Blue Card berisikan informasi kendaraan yang telah diujikan secara berkala, mulai dari foto, bentuk, warna hingga dimensinya.

“Nanti juga akan ada QR Code berisikan informasi memegangi mobil yang terintegrasi secara nasional yang ditempel di bagian kaca depan mobil, dan dapat discan menggunakan smartphone,” kata Rustam.

Untuk pembayaran, Rustam menegaskan bahwa seluruhnya tidak menggunakan tunai, namun menggunakan kartu BRIZZI yang bekerja sama dengan Bank BRI. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman M

 

Ket foto: Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang menunjukkan Blue Card. (Foto Dedi Irawan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.