Dinyatakan Positif Covid-19, Pria di Batam Melarikan Diri saat Hendak Dievakuasi

INTREN.ID, BATAM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam tengah mencari seorang pria berusia 40 tahun bernama Bayu Senja, yang kini bertempat tinggal di Kampung Agas, Kelurahan Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyampaikan bahwa Bayu langsung hilang kontak setelah tim gugus tugas menyatakan dirinya positif terpapar virus Covid-19, dan akan melakukan evakuasi terhadap yang bersangkutan.

Bayu Senja. (ist)

Bayu, sebelumnya melakukan swab test secara mandiri untuk keperluan pekerjaan di RS Bhayangkara pada 22 Juni 2020, dan hasil tersebut diketahui pada 2 Juli 2020.

“Hasil swab test baru keluar kemarin sore dan ditelepon, tapi nomor yang bersangkutan tidak aktif dan telah kita telusuri ke alamatnya, namun sudah tidak ada,” ucap Didi, Jumat (3/7/2020).

Lanjut Didi, Bayu masuk ke dalam golongan orang tanpa gejala (OTG) sehingga bila diamati dari luar tampak sehat dan tidak ada gangguan kesehatan sama sekali. Meski demikian, yang bersangkutan bisa menyebarkan virus kepada orang di sekitarnya.

“Memang dia tidak ada gangguan kesehatan, karena bisa jadi tubuhnya dalam keadaan fit, tapi kalau menyebar ke orang lain dengan imun lemah, akan sangat berbahaya. Apalagi kalau orang lain ada penyakit penyerta,” ungkap Didi.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polresta Barelang untuk melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap yang bersangkutan.

Selain itu, Didi juga meminta kesadaran diri yang bersangkutan untuk menyerahkan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk bisa segera dilakukan evakuasi, untuk mendapat penanganan dengan segera.

“Jika ada masyarakat yang melihat dan mengetahui keberadaannya bisa segara melaporkan ke call canter atau kepada pihak kepolisian, agar segar bisa dievakuasi terhadap yang bersangkutan,” harap Didi. (***)

 

Reporter:  Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.