- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Dinas Pendidikan Bontang Sebut Keputusan Sekolah Dibuka Ada di Wali Kota

INTREN.ID, BONTANG – Meski saat ini Bontang telah kembali berstatus nol kasus positif virus corona baru (Covid-19), namun hal tersebut belum bisa memastikan kapan sekolah akan kembali dibuka. Padahal tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai pada 13 Juli mendatang sesuai ketetapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang Saparuddin menuturkan, keputusan relaksasi aktivitas belajar mengajar di sekolah ada di tangan Wali Kota Bontang. Hal ini dikarenakan Kemendikbud RI sudah menyerahkan kewenangan membuka kembali kegiatan di satuan pendidikan ke kepala daerah masing-masing.

“Kita memang sudah zero positif, akan tetapi keputusan ada di wali kota. Kami (Disdik) tidak punya kapasitas menentukan kapan dibuka kembali,” ujarnya, Selasa (7/7/2020).

Saparuddin melanjutkan saat ini Bontang belum berstatus zona hijau. Karena untuk mencabut status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 masih harus menunggu 28 hari lagi setelah pulihnya pasien terakhir yang dirawat di rumah sakit rujukan.

“Kalau selama waktu itu tidak ada yang positif lagi, berarti daerah itu sudah hijau. Baru siswa SMP bisa masuk sekolah,” jelasnya.

- ADVERTISEMENT -

Adapun untuk pelajar SMA kata dia, hal tersebut masih harus berkoordinasi lagi dengan Disdik Pemprov Kaltim. Sebab jenjang SMA jadi tanggung jawab mereka.

“Karena yang lebih tahu kondisinya kepala daerah setempat, jadi provinsi juga menunggu keputusan kepala daerah,” terangnya.

Terkait pembahasan rencana tahun ajaran baru, Saparuddin mengatakan pihaknya juga masih menanti kabar perkembangan kasus dari Gugus Tugas Covid-19. “Kalau tim gugus sudah menyatakan Bontang zona hijau, baru kami akan membicarakan langkah selanjutnya,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.