Dinas Pendidikan Batam Siap Tambah Waktu PPDB Daring jika Diperlukan

INTREN.ID, BATAM – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Hendri Arulan mengaku siap untuk menambah waktu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring. Hal tersebut disampaikan Hendri kepada intern.id apabila hingga batas waktu proses PPDB masih banyak calon siswa yang belum diterima di sekolah.

Kata Hendri, dirinya akan meminta kepada Wali Kota Batam terkait hal tersebut apabila memang dilihat kondisinya sudah mendesak.

“Kalau memang waktunya tidak cukup, bisa saja saya meminta pertambahan waktu PPDB kepada Wali Kota Batam. Tetapi saya yakin semua bisa berjalan sesuai rencana,” ucap Hendri beberapa waktu lalu.

Menurut dia sudah menjadi hal biasa apabila website akan penuh oleh pengunjung pada awal pembukaan. Namun seiring telah banyak calon siswa yang selesai mendaftar, akan makin mudah untuk masuk ke website PPDB.

“Kan tidak ada jaminan pendaftar di awal waktu akan langsung diterima, semua harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di awal atau diakhir waktu semua sama,” ucap Hendri.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu Anggota Komisi 4 DPRD Kota Batam Muhamad Yunus mengantakan, waktu yang diberikan sangatlah panjang untuk penerimaan peserta didik baru. Terlebih saat ini telah menggunakan sistem daring.

“Saya rasa waktunya akan cukup karena semua sudah mengunggulkan sistem online. Jika pun nanti masih membutuhkan waktu tambahan, pasti akan kami dukung,” ucap Yunus, Jumat (12/6/2020).

Pria yang telah menjabat selama tiga periode di Komisi 4 itu mengatakan, jika pun nanti akan ada kuota tambahan PPDB, alangkah baiknya diberikan untuk jalur kurang mampu dan zonasi. Lantaran jumlah persentasenya pada tahun ini mengalami penurunan.

“Biasanya sekolah akan membuka kuota tambahan, dan ini harus dimaksimalkan dengan baik, dengan melihat kondisi yang ada. Kebanyakan dari jalur kurang mampu dan jalur zonasi yang masih harus mendapatkan kuota lebih,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.