Dinas Kesehatan Tak Anjurkan Masyarakat Turunkan Masker ke Dagu, Ini Alasannya

INTREN.ID, BONTANG – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang Bahauddin menyoroti terkait penggunaan masker di tengah-tengah masyarakat. Kata dia, tindakan menurunkan masker ke area dagu atau leher tidak dianjurkan karena meningkatkan risiko infeksi.

Pertama, area hidung dan mulut tidak terlindungi. Kedua, bagian masker yang awalnya bersih jadi terkontaminasi sehingga ketika digunakan kembali justru akan mendorong kontaminasi masuk ke mulut dan hidung.

“Jadi ketika harus membuka masker, misalkan saat makan, lebih baik masker dilepas saja,” terangnya.

Selain penggunaan masker yang kurang benar, Bahauddin juga memperhatikan saat ini mulai banyak masyarakat menggunakan face shield. Menurutnya penggunaan face shield tanpa menggunakan masker kurang efektif mencegah droplet. Kata dia, face shield hanya melindungi dari atas, sehingga kurang memberikan perlindungan secara menyeluruh.

“Untuk itu, meskipun memakai face shied tetap harus menggunakan masker agar bisa menghindari penyebaran droplet dari segala sisi,” tukasnya.

- ADVERTISEMENT -

Adapun cara melepaskan masker yang aman yaitu pegang tali masker, lepaskan masker dari belakang, jangan menyentuh bagian depan maupun dalam masker. Tutup dengan kertas maupun plastik, tetap tanpa menyentuh bagian depan maupun dalam masker.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan penyanitasi tangan untuk membersihkan tangan sebelum makan atau beraktivitas tanpa masker.  Lakukan langkah yang sama untuk memakai kembali masker.

Ganti masker jika sudah terasa lembap atau basah, dianjutkan membawa masker lebih dari 1 untuk cadangan ketika beraktifitas ke luar. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.