Digelar Secara Serentak se-Indonesia, Rutan Batam Ikuti Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57

INTREN.ID, BATAM – Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam, Yan Patmos bersama pejabat struktural mengikuti upacara peringatan hari bakti pemasyarakatan ke-57 Tahun 2021 secara virtual pada Selasa (27/4/2021).

Kegiatan tersebut berpusat di Gedung Graha Pengayoman, Jakarta, yang diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Indonesia.

Diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan pembacaan sejarah singkat pemasyarakatan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Inspektur Upacara yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Dalam amanatnya, Mahfud mengatakan dalam kondisi pandemi Covid-19 dapat dirasakan makna bahwa berkumpul adalah sebuah kemewahan. Namun ini bukan mengecilkan makna bagi yang mengikuti kegiatan ini secara virtual.

Di masa-masa seperti ini seluruh elemen harus membiasakan diri dengan tatanan kehidupan baru contohnya kegiatan secara daring.

“Apa makna 57 tahun Pemasyarakatan? Sebenarnya semua berawal dari apa yang kita yakini akan menjadi cara kita berpikir. Apa yang kita pikirkan akan menjadi kata-kata yang kita keluarkan, apa yang kita kata-katakan akan menjadi perilaku kita,” ujar Mahfud.

“Apa yang menjadi perilaku akan menjadi kebiasaan dan apa yang menjadi kebiasaan akan menjadi karakter dan menjadi budaya. Dan jika ini terkumpul secara kolektif maka harapan besar kita adalah menjadi bangsa,” tegasnya.

Semangat Pemasyarakatan diharapkan dapat membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik. Membangun kapasitas tersebut dengan cara melakukan pembinaan yang berkesinambungan, sistematis dan akan terarah dengan menghormati hak-hak mereka sebagai manusia.

“Inilah keyakinan yang sampai saat ini harus kita perjuangkan, kita sebarkan, kita tularkan agar menjadi kesadaran kolektif dan menjadi budaya bersama. Sehingga kita mampu menikmati 57 tahun adalah sebuah perjalanan menuju perubahan yang lebih baik,” tambah Mahfud.

Menkopolhukam juga menyampaikan bahwa adaptasi dan akselerasi yang fundamental dibutuhkan. Untuk melakukan percepatan-percepatan dalam memberikan pelayanan, dan penggunaan teknologi guna mencapai Pemasyarakatan Maju. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.