Deteksi Dini Cegah Stadium Lanjut, IAPI Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis untuk Warga Sepaku

INTREN.ID, SEPAKU – Kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita berisiko kematian. Menyikapi hal itu, Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia (IAPI/Indonesian Association of Pathologists) Samarinda yang membawahi wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar penyuluhan dan pemeriksaan Pap Smear gratis untuk warga Kecamatan Sepaku, Sabtu (10/9/2022).

Bertempat di RSUD Sepaku, dan GOR Rimba Raya Desa Suka Raja, kegiatan itu disambut antusias warga. Setidaknya 120 lebih wanita remaja dan dewasa turut serta.

Koordinator kegiatan, dr Hadi Irawiraman Sp PA mengatakan, selain sebagai bentuk bakti sosial kepada masyarakat, ini sebagai upaya deteksi dini kanker leher rahim untuk masyarakat.

“Supaya semua bisa terlibat langsung. Kami berusaha mendeteksi dini untuk kanker leher rahim,” ucap dr Hadi.

Lanjut dia, kanker serviks ini tertinggi kedua setelah kanker payudara pada wanita. “Jangan sampai datang periksa sudah stadium lanjut. Tentu akan berpengaruh pada tingkat pengobatan. Lebih baik, periksakan sedini mungkin,” tegasnya.

Selain IAPI, Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, IBI Penajam Paser Utara, RSUD Sepaku turut terlibat dalam kegiatan. Kabid Pelayanan Kesehatan RSUD Sepaku, Maman Wijaya menjelaskan alur pemeriksaan Pap Smear.

“Jadi dimulai dari pendaftaran, lalu proses screaning. Tapi, jika tidak lolos screaning, maka batal dan bisa digantikan peserta lainnya,” urainya.

Salah satu contoh yang membuat batal pemeriksaan Pap Smear, ujar Maman, adalah haid. “Jadi kalau misal ada peserta yang sedang menstruasi ya, haid, begitu, maka enggak bisa lanjut Pap Smear,” tegasnya.

Peserta yang lolos screaning, setelah itu masuk ruangan pemeriksaan Pap Smear. Hasil pemeriksaan nantinya diserahkan ke bagian pewarnaan. Setelah itu hasil pewarnaan masuk ruang baca dan hasil. Hasil yang sudah terbaca pada mikroskop, kemudian di print out dan diberikan kepada peserta.

Tidak hanya diperiksa, para peserta juga mendapatkan penyuluhan di GOR Rimba Raya oleh petugas. Penyuluhan Ca cervix di GOR diberikan oleh dr Marihot Pasaribu SpOG (K)Onk. Kegiatan ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Penajam Paser Utara Hj Satriani. Dalam kesempatan tersebut dia mengapresiasi IAPI.

“Kami berterima kasih sekali kepada IAPI, Fakultas Kedokteran Unmul, IBI, RSUD Sepaku dan semua pihak atas kegiatan ini. Ini kalau bayar, bisa lebih dari 300 ribu. Nah, sekarang ini gratis. Sayang kalau tidak diikuti. Tepuk tangan untuk IAPI. Kami berharap, tidak hanya di Kecamatan Sepaku. Semoga di kecamatan lain di PPU juga dilakukan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Usai mengakhiri sambutannya dan foto bersama, Hj Satriani juga meninjau kegiatan Pap Smear di RSUD Sepaku.

Endri Subati, salah seorang peserta mengaku senang dengan kegiatan ini. “Ya, awalnya takut takut dan malu gitu, tapi kan penting untuk kesehatan wanita. Antusias sekali dengan penyuluhannya, banyak topik menarik,” tutupnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.