Deretan Klub Liga 1 dengan Sponsor Terbanyak, Siapa Saja?

INTREN.ID, JAKARTA – Genderang perang Liga 1 2020 segera ditabuh. Tak sekadar mempersiapkan skuad, para kontestan juga mempersiapkan dana besar untuk menjadi yang terbaik.

Salah satu yang menunjang pendapatan klub adalah sponsor. Tidak bisa dimungkiri bahwa sponsor menjadi pemasukan utama klub professional. Bahkan, sponsor dianggap sebagai tolok ukur penilaian masyarakat terhadap kekayaan, kualitas, dan popularitas sebuah tim.

Sponsor telah menjadi salah satu bagian penting untuk perjalanan suatu klub. Pasalnya sponsor memberikan bantuan dana yang tidak sedikit kepada klub untuk berbagai keperluan. Misalnya saja sponsor utama yang dipasang di jersey, atau di stadion.

Tidak banyak berita yang membeberkan jumlah pasti dana yang diberikan sponsor kepada klub-klub tersebut, yang pasti semakin banyak sponsor semakin besar rupiah yang digelontorkan.

 

Persela Lamongan

Laskar Joko Tingkir sejauh ini sudah kebanjiran sponsor di Liga 1 2020. Yang menarik, perusahaan asal Singapura, NorthCliff yang pernah menjadi sponsor utama tim asal PSMS Medan, beralih menjadi sponsor utama klub Persela Lamongan.

  • Sponsor: NorthCliff, So Nice (So Good Food), Forium, RSUD Dr Soegiri, KTM, Omya, Loket, Dapur Roti.

 

Madura United

Kegagalan pada Liga 1 2019 tak membuat Madura United ditinggalkan sponsor. Pada Liga 1 2020, Laskar Sape Kerab kembali mendapat kucuran dana dari brand ternama. Beberapa sponsor akan mejeng pada jersey klub asal Pulau Madura itu.

  • Sponsor: Integra Group, Kengean Energi Indonesia, Kuku Bima Energi, Kopi ABC, Tiket.Com, Pojur, MBB Bogor, Lion Group.

 

Persebaya Surabaya

Klub kebanggaan warga Surabaya ini sukses besar di Liga 1 2019 lalu. Sempat babak belur di awal musim, mereka langsung bangkit dan berhasil finish sebagai runner up. Beberapa sponsor ternama pun menyatakan kesetiaannya mendukung klub beralias Bajul Ijo itu.

  • Sponsor: Kapal Api, Antangin, Gojek, Reliance, Safe Care, MPM Motor, Nusa Net, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Surya, Tribun Jatim.

 

Persib Bandung

Maung Bandung boleh saja tampil kurang apik musim lalu. Namun klub kebanggaan Bobotoh ini tetap banjir sponsor. Tercatat sudah 18 sponsor yang akan mendampingi Persib mengarungi Liga 1 2020. Mulai brand lokal hingga nasional.

  • Sponsor: Indofood, Exxon Mobil, Gojek, Bank Permata Syariah, Kopi ABC, Gudang Garam, Azzuri, Elevenia, Halodoc, Pasukanmaung.id, Phanter Energy, Dididmax, Corsa, Archiles, Envi, Sportama, ISMC, 964 FM.

 

Bali United

Juara Liga 1 2019 ini memang menjelma menjadi klub terkaya di Indonesia. Dukungan finansial yang kuat jadi faktor utamanya. Deretan pemain bintang sudah didatangkan untuk berkompetisi di Liga 1 2020. Tak ayal, sponsor-sponsor besar berdatangan. Tentu saja tujuannya untuk mempertahankan gelar juara.

  • Sponsor: Indofood, Smartfren, Bank INA, Indomie, MS Glow, Torabika, OVO, Envi, Kuku Bima, Kresna, Archiles, Corsa, Alderon, Guinness, Coco Mart, Bareksa, Buana Capital, Syailendra, YCAB Fondation, Kick Andy, Bebek Bengil.

 

PSS Sleman

Kejutan datang dari PSS Sleman. Tak hanya sukses mendatangkan bintang timnas Indonesia Irfan Bachdim, Laskar Elang Jawa juga banjir sponsor. Tercatat, klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo Sleman itu adalah klub dengan jumlah sponsor terbanyak. Mulai dari brand lokal, nasional, hingga internasional menyatakan komitmen mendukung klub asal Sleman itu.

  • Sponsor: SMBD, Indomie, Gojek, Liga Indonesia Baru, DJ Sport, Pocari Sweat, Muncul, QS Shop, PDAM SLeman Daqu, Plaza, Unisa, RSUD Sleman, Red Doors, Warung Pak Lanjar, Jogja Orthopedic Sport Clinic, Green Autocare, Klik FIFA, RF. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.