Demokrat-PAN Makin Mesra, Peluang Helmy Kian Terbuka

Peluang Koalisi Poros Biru di Pilkada Batam

0 9,029

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

INTERN.ID, BATAM – Kontestasi politik di Batam mulai terang benderang. Meskipun belum ada sikap resmi soal koalisi atau calon mana yang didukung, namun gestur saling dukung mulai nampak.

Dua partai politik (parpol) besar di Serambi ASEAN–julukan Batam–mulai menunjukkan kemesraannya. Demokrat dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Kesamaan historis jadi musababnya. Dalam setiap kenduri politik, baik di level pusat hingga daerah, dua parpol itu terlibat koalisi.

Masyarakat Indonesia tahu betul bagaimana kedekatan Demokrat dengan PAN kala mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pilkada Jakarta. Dua partai biru itu membuat kejutan dengan mengusung poros baru. Meskipun tidak menang, namun kekompakan Demokrat-PAN patut diacungi jempol.

Koalisi pun berlanjut pada pemilihan presiden (pilpres). Kemesraan mereka kembali terjalin dalam Koalisi Indonesia Adil dan Makmur dengan mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kini, “dua sejoli” itu kompak menjalin koalisi politik di Senayan, DPR RI.

Di Pilkada 2020, Demokrat-PAN juga menjalin koalisi di beberapa daerah. Di Nusa Tenggara Barat (NTB) muncul poros biru dengan lakon Demokrat-PAN, ditambah Nasdem. Di Bengkulu pun keduanya bersatu. Di Sulawesi Utara keduanya kompak. Di Depok, Tangerang Selatan, dan daerah lainnya, Demokrat-PAN seperjuangan.

Bagaimana dengan Batam? Tidak menutup kemungkinan peluang koalisi bisa terjadi. Kedekatan emosional yang dibangun di pusat antara tokoh kedua partai, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Hatta Rajasa menjadi nilai lebih.

“Ada koalisi yang sudah terbangun di pusat. Apalagi di Batam kita sudah saling kenal baik. Insya Allah lebih,” ucap Helmy Hemilton, bakal calon wali kota yang juga wakil ketua DPRD Batam periode 2014-2019.

- Advertisement -

Di Batam, keduanya punya modal bagus. PAN memiliki lima kursi. Sementara Demokrat tiga kursi. Artinya tinggal menambah dua kursi lagi untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Jika mengacu pada sejarah dan jejak pilkada di daerah lain, Demokrat-PAN bakal berkoalisi.

Itulah yang melatarbelakangi Helmy mendaftar ke PAN. Politisi muda itu mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal calon wali kota ke kantor Tim Penjaringan Pilwako Batam DPD PAN di Sei Panas, Kecamatan Batam Kota, Senin (23/3/2020).

Helmy disambut hangat ketua DPD PAN Kota Batam, Safari Ramadhan. Kata Safari, ada 10 bakal calon yang akan mengembalikan berkas. Dan hingga siang kemarin, enam sudah mengembalikan. Selain Helmy, ada nama Johannes Tarigan, Osco Olfriady Letunggamu, Haris Lambey, Amsakar Achmad, dan dirinya sendiri. Selanjutnya seluruh berkas tersebut akan dilakukan verifikasi serta bedah visi misi.

“Kami akan melakukan bedah visi-misi kandidat, sebelum nantinya melakukan pleno ditingkat DPD,” kata Safari.

Sementara Helmy berharap PAN bisa berkoalisi dengan Demokrat di Pilkada Batam 23 September mendatang. Dia pun optimistis akan mendapatkan tiket dari PAN. Sehingga, Demokrat-PAN bisa kembali berkoalisi dalam pesta demokrasi terbesar di Batam.

PAN, merupakan partai keenam yang menjadi tempat pendaftaran Helmy. Sebelumnya dia sudah mendaftar di Hanura, PSI, PKS, Gerindra, dan Demokrat. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More