- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Demi Menghindari Terjadinya Resesi Ekonomi, Ini Strategi yang Dilakukan Pemerintah

INTREN.ID, JAKARTA – Indonesia terancam masuk dalam jurang resesi ekonomi. Hal itu terjadi jika sampai kuartal depan, pertumbuhan ekonomi kembali menunjukkan tren negatif.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya resesi ekonomi. Mulai dari pemberian insentif pada pengusaha hingga bantuan sosial kepada masyarkat.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir mengatakan, agar Indonesia terhindar dari resesi adalah dengan memaksimalkan penyerapan anggaran belanja pemerintah.

Dia mengatakan, jika belanja dalam bentuk bantuan sosial (bansos) terserap optimal, diharapkan daya beli masyarakat akan terangkat. Saat ini, kata dia, pemerintah telah mengalokasikan bantuan sosial tunai sekitar Rp 100 triliun.

- ADVERTISEMENT -

“Bantuan itu diharapkan menjadi bantalan bagi masyarakat untuk tetap berdaya beli, sehingga roda perekonomian tetap berjalan,” harapnya.

Tak hanya itu, pemerintah juga mengalokasikan Rp 33,1 triliun sebagai bantuan untuk karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Kemudian pemerintah menyalurkan Rp 28,8 triliun sebagai bantuan modal kerja bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

”Anggaran harus dijalankan semua, termasuk bantuan pemerintah daerah. Karena dukungan pemerintah daerah bisa mendukung anggaran yang dijalankan,” bebernya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.