DC Mall Ubah Jam Operasional, Pengelola Siap Ikuti Anjuran Pemerintah

INTREN.ID, BATAM – Meski mengalami penurunan pengunjung secara signifikan, pengelola DC Mall belum memiliki rencana melakukan penutupan secara total.

Koordinator Event dan Promo DC Mall, Edy Kurniawan mengatakan, pihaknya hanya melakukan perubahan jam operasional sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19 sejak 28 Maret 2020.

Beberapa upaya lain juga telah dilakukan pengelola, seperti pengecekan suhu tubuh kepada para pengunjung dan penyediaan hand sanitizer.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan yang bekerja sama dengan pihak Polda Kepri dan juga yang dilakukan secara mandiri.

“Perubahan jadwal operasional kini menjadi buka pukul 11.00 WIB dan tutup pada pukul 19.00 WIB. Sementara untuk penyemprotan kami lakukan setelah seluruh tenant menutup lapaknya,” kata Edy, Kamis (2/4/2020).

Kata Edy, untuk saat ini penurunan pengunjung mal telah mencapai 70 persen. Penurunan ini memang cukup menghawatirkan.

“Biasanya pengunjung ramai pada weekend dari Indonesia ataupun turis asing dari Singapura dan Malaysia. Tapi karena kondisi ini, tidak ada turis yang bepergian,” ujarnya.

Kendati demikian, pihanya siap mengikuti anjuran Pemerintah Kota (Pemko) Batam jika harus melakukan penutupan secara total untuk pusat perbelanjaan.

“Tapi untuk saat ini memang belum ada, apalagi kami memiliki supermarket yang menjual kebutuhan pokok,” kata dia.

Bahkan pihaknya telah melakukan beberapa penundaan pameran mobil yang rencananya akan digelar pada awal April ini.

Sementara seorang pemilik toko servis elektronik, Martin mengaku sangat merasakan penurunan pengunjung akibat adanya pandemi corona ini.

“Kalau untuk saat ini memang sangat sepi, orang juga takut mau ke mal, mungkin hanya kebutuhan mendesak,” kata Martin.

Martin juga mengatakan, penurunan pengunjung dapat dilihat dari parkiran kendaraan yang sangat sepi. Bahkan beberapa area permainan di bagian lantai atas telah tutup.

Salah seorang pengunjung yang ditemui mengaku telah beberapa waktu tidak mengunjungi tempat keramaian. Terutama mal. Karena isolasi yang dilakukan.

“Ini mau cari kebutuhan mendesak saja, dan langsung pulang. Takut juga mas dengan pandemi saat ini, jadi lebih baik stay di rumah saja,” kata pengunjung asal Sei Jodoh itu. (***)

Reporter: Agung Maputra
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.