Dari 330 Ribuan Pelanggan di Batam, Cuma 932 yang Gratis Listrik

INTREN.ID, BATAM – Pemberian stimulus listrik yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa sepenuhnya dirasakan di Kota Batam. Pasalnya, hanya sebagian kecil pelanggan listrik yang mendapatkan keringanan.

Sebagai informasi, Jokowi membebaskan tagihan listrik untuk pelanggan dengan daya 450 volt ampere (VA) dan memberikan potongan 50 persen untuk pelanggan 900 VA untuk meringankan beban akibat pandemi Covid-19 alias corona. Keringanan itu berlaku untuk periode April, Mei, dan Juni 2020.

Baca juga: Presiden Jokowi Gratiskan Biaya Listrik selama 3 Bulan

Berdasarkan rilis yang disampaikan Bright PLN Batam, dari total 330.025 pelanggan bright PLN Batam, terdapat 932 pelanggan dengan golongan daya rumah tangga 450 VA.

“Sesuai dengan kebijakan pemerintah tersebut, Bright PLN Batam akan menggratiskan atau membebaskan pembayaran tagihan listrik golongan rumah tangga dengan daya 450 VA selama tiga bulan tagihan listrik, dimulai sejak tagihan bulan April, Mei, dan Juni 2020,” kata Corporate Secretary Bright PLN Batam, Denny Hendra Wijaya dalam rilisnya.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu berdasarkan data pelanggan tersebut di atas, sebanyak 329.093 sisanya tetap membayar seperti biasa. Mereka adalah pelanggan 900 VA nonsubsidi yang tidak termasuk dalam kategori penerima keringanan.

“Sehingga kebijakan pemberian keringanan 50 persen untuk pelanggan (dengan daya) 900VA tidak dapat diimplementasikan di Batam,” jelasnya.

Pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar pasokan listrik terhadap pelanggan terpasok dengan cukup dan andal. Anak perusahaan PT PLN (Persero) itu mengimbau agar masyarakat melaksanakan arahan pemerintah seperti melakukan physical distancing, menggunakan masker, stay at home atau work from home, dan menjaga pola hidup sehat. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.