Dapat Tambahan dari Klaster HOG Eden, Pasien Corona Batam Sudah 151 Orang

INTREN.ID, BATAM – Pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Batam telah berjumlah 151 orang. Penambahan pasien terbaru berasal dari klaster HOG Eden. Berdasarkan data terakhir pada 3 Juni 2020, dari klaster tersebut kembali bertambah dua pasien.

Dari pengembangan penyidikan epidemiologi (PE) pasien nomor 49 dan 82, telah terkumpul sebanyak 38 orang yang bertempat tinggal wilayah Batam Kota, Nongsa, Sagulung, Sekupang, Batu Aji hingga ke Batu Besar dan Bengkong.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, induk dari klaster HOG Eden merupakan pasien nomor 82 yang merupakan pendeta di suatu jemaat gereja yang ada di Batam.

“Induk dari klaster tersebut adalah pasien nomor 82. Saat ini pengembangan penyidikan epidemiologi terhadap kedua pasien tersebut masih terus dilakukan,” ucap Didi.

Pada saat itu, pasien nomor 82 melakukan pertemuan bersama pasien nomor 49 dan 58 dalam rangka persiapan ibadah online. Keseluruhan pasien dari klaster HOG Eden kini masih menjalani perawatan di RSKI Covid-19 Galang Batam.

- ADVERTISEMENT -

Selain itu di Batam juga masih ada beberapa klaster lainnya. Seperti Taman Baloi, Bunga Raya, Palm Spring, hingga yang paling baru adalah klaster TGR.

Untuk total pasien pertanggal 3 Mei 2020, telah mencapai 151 orang dengan rincian 78 wanita dan 73 pria. Asal pasien tersebut adalah orang dalam pemantauan (ODP) 19 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 27 orang dan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 105 orang.

Dari jumlah tersebut sebanyak 49 pasien telah dinyatakan sembuh dan sebanyak 11 orang dinyatakan meninggal dunia. Sebanyak 90 pasien dalam kondisi stabil serta satu pasien bernomor 76 kini dalam keadaan lemah dan masih mendapat perawatan secara intensif. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.