Dana SIM Gratis Macet Gara-Gara Pandemi, Dishub Batam Didemo Mahasiswa

INTREN.ID, BATAM – Ketidaktepatan janji Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam perihal pembuatan SIM gratis sebanyak 2.000 keping membuat mahasiswa dan pelajar geram. Kegeraman ini dicurahkan mahasiswa dalam aksi unjuk rasa di depan Kantor Dishub, Senin (27/7/2020).

Kordum gerakan mahasiswa Agus Gustiawan mengungkapan, aksi yang dilakukan untuk menagih janji dari Kepala Dishub Kota Batam Rustam Efendi. Yang telah menjanjikan pembuatan SIM gratis sebanyak 2.000 keping pada Maret 2020 lalu.

Hal ini juga untuk membuktikan bahwa dirinya tidak melakukan permainan dalam perealisasian program tersebut.

“Pertanggungjawaban dari mahasiswa lain adalah ke saya, jika tidak bisa 2.000. Setidaknya bisa 100 atau 200 keping terlebih dahulu. Agar yang lain tidak mengira saya ikut bermain,” kata Agus.

Tak cukup sampai di situ, mahasiswa juga meminta Wali Kota Batam Muhammad Rudi untuk segera mencopot jabatan Kadishub. Yang kini diemban Rustam karena tidak mampu merealisasikan janjinya.

Bahkan para mahasiswa juga menduga pihak Dishub melakukan tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dari dana program SIM gratis tersebut.

“Jika dalam dua pekan ke depan Kadishub tidak melaksanakan janjinya, maka kami dari aliansi mahasiswa dan pemuda Batam akan demo di Kantor Wali kota Batam,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) lalulintas Dishub Batam Edward Purba mengakui Pemko Batam telah menganggarkan dana untuk program tersebut. Namun pada saat proses berjalan terjadilah musibah pandemi Covid-19 yang menyebabkan anggaran beberapa dinas harus dialihkan untuk penanganan Covid-19 tersebut.

Dirinya juga telah melakukan komunikasi kepada beberapa pihak untuk bisa mendapatkan solusi terkait hal ini.

“Saat ini kami akan mencoba menyampaikan bagaimana nantinya untuk anggaran kegiatan tersebut. Dan tentu saat ini kami belum bisa menjawab berapa kuota yang akan diberikan jika nanti disetujui,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.