Dalam Sepekan Lumbung Sedekah Pangan di Kepri Sudah Bagikan Setengah Ton Bantuan

INTREN.ID, BATAM – Gerakan nasional lumbung sedekah pangan di Kepulauan Riau (Kepri) sudah berjalan satu pekan lalu, hingga jumat (21/8/2020). Dalam kurun waktu tersebut telah ada empat Lumbung sedekah pangan yang di buka di Kepri meliputi tiga di Batam dan satu di Tanjung Pinang.

Penanggung jawab program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepri Nofran Reko mengatakan, sejak diluncurkan pertengahan Agustus lalu, sudah setengah ton bantuan yang dapat dirasakan masyarakat penerima manfaat baik di Batam dan Tanjung Pinang.

Pada aksi ini menggunakan konsep siapa saja boleh mengambil dan siapa saja silakan letakkan bantuan untuk kebutuhan masayarakat yang membutuhkan. “Program ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi saat ini,” ucap Nofran.

Lanjut dia, Lumbung Sedekah Pangan ini bisa dibuka di setiap kecamatan. Sehingga ratusan orang bisa menerima manfaat dari lumbung-lumbung yang tersedia. “Gerakan ini kami harapkan bisa tersebar di seluruh kecamatan di tiap kabupaten/kota agar kebermanfaatannya semakin luas dirasakan,” ungkapnya.

Nofran mengungkapkan, rasa haru dan kaget tak percaya juga terlihat dari penerima manfaat. Seperti ibu Tuti salah satunya warga Tanjung Pinang yang cukup kaget karena tidak menduga ada program yang memberikan kebutuhan pokok secara gratis.

“Kok ada ya Pak yang gratis seperti ini. Alhamdulillah sebelum-sebelumnya saya tak pernah dapat dari ACT Alhamdulillah saya dapat penggantinya,” ungkap Tuti seorang janda yang tangan kanannya lemah akibat stroke.

ACT Kepri mengajak siapapun untuk berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, dengan membuka lumbung-lumbung baru.

“Kami harapakan masyarakat juga turut partisipasi dalam program ini. Silakan hubungi kami melalui facebook Aksi Cepat Tanggap Kepulauan Riau untuk berdiskusi, kita sebarkan virus-virus kebaikan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tambah Nofran. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.