Dalam Pengawasan Covid-19, Tiga Warga Samarinda Diisolasi di Rumah Sakit

INTREN.ID, SAMARINDA – Tiga warga Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) berada dalam pengawasan Dinas Kesehatan (Dinkes). Ketiga warga itu diawasi terkait kemungkinan terjangkit virus Corona baru (Covid-19), sebagaimana yang disampaikan Dinkes Samarinda dalam siaran persnya, Sabtu (14/3/2020) siang.

Plt Kepala Dinkes Samarinda Ismet Kosasih menyampaikan, ketiga pasien dalam pengawasan (PDP) itu kini sudah diisolasi di RSUD AW Syahranie. “Terkait perkembangan Covid-19, ada tiga warga di bawah pengawasan. Artinya, pasien itu sudah kami rujuk ke RSUD AW Syahranie,” beber Ismet.

Selain mengawasi tiga orang tersebut, sebut Ismet, pihaknya tetap melakukan pemantauan terhadap kemungkinan pasien terjangkit lainnya. Data terbaru, terdapat 10 warga Samarinda yang dipantau. Kata dia, meski sudah ada tiga warga yang diawasi, belum ditemukan pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

“Totalnya ada 18 warga. Kemarin totalnya 8 warga. Jadi perlu ditegaskan, saat ini belum ada pasien yang positif Covid-19. Tiga orang ini baru tadi pagi kami rujuk ke RSUD AW Syahranie,” sebut Ismet.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Samarinda Osa Rafshodia menambahkan, ketiga warga Samarinda tersebut salah satunya baru saja mengikuti seminar di Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. “Nah dua warga lainnya ada kontak dengan satu warga yang baru pulang dari Bogor itu,” jelas Osa.

Sementara itu Plt Direktur RSUD AW Syahranie David Hariadi Mashjoer Sp.OT mengatakan, ketiga warga itu kini sudah berada di ruang isolasi. Tepatnya, ruang isolasi untuk infeksi. RSUD AW Sjahranie disebut telah menyediakan 8 ruangan dengan fasilitas 14 tempat tidur. Ada pula 2 ruangan tambahan yang bisa digunakan menjadi 5 ruangan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.