Charis, CMD, dan RS Elisabeth Batam Group Gelar Bakti Sosial Obati Pasien Katarak, Benjolan, dan Bibir Sumbing

INTREN.ID, BATAM – Caritas Humanitarian Aid & Relief Initiatives Singapore (Charis) dan Cahaya Masa Depan (CMD), bekerja sama dengan Rumah Sakit Elisabeth Group yang ada di Kota Batam menggelar bakti sosial pengobatan katarak, benjolan, dan bibir sumbing untuk masyarakat kurang mampu di Kota Batam.

Kegiatan yang dilaksanakan di tiga Rumah Sakit Elisabeth ini yaitu operasi bibir sumbing dilaksanakan di RS Santa Elisabeth Batam yang dipimpin oleh Direktur dr Hendro, operasi katarak di RS Santa Elisabeth Batam Kota yang dipimpin Direktur dr Sahat Hamonangan Siahaan MARS FISQua, serta operasi benjolan di RS Santa Elisabeth Seilekop yang dipimpin Direktur dr Jevon Agustinus Dwi Putra.

Dalam bakti sosial yang melibatkankan 50 orang tim yang terdiri dari perawat, tiga dokter spesialis dan dokter-dokter lainnya, turut hadir juga perwakilan dari CMD Angelika Sundari untuk membantu 80 orang membantu pasien yang membutuhkan pertolongan.

Chairman Charis Grants Committee, Elaine Chan mengatakan, Charis yang merupakan bagian dari Caritas International ini sudah menaungi 160 badan di seluruh dunia untuk membantu orang-orang miskin di 200 negara dengan cinta kasih.

Charis ingin menjadikan komunitas Katolik di Singapura dengan cinta kasih mencintai negara-negara tetangga dengan mengulurkan tangan membantu saudara-saudara yang berkekurangan dan terkena gempa bumi, longsor, dan bencana alam lainnya, ujarnya.

Petugas dengan ramah melayani seorang pasien yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan bakti sosial. (ist)

Sementara itu Direktur RS Santa Elisabeth Batam, dr Hendro menjelaskan, bakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud dari kepedulian dan rasa kemanusiaan terhadap sesama. Selain itu juga bertujuan untuk merekatkan rasa kekerabatan terhadap orang lain, terlebih masyarakat yang kurang mampu.

Pengurus Yayasan Santa Elisabeth, Sr M Reinildis Sembiring FSE juga menambahkan bahwa bakti sosial ini sesuai dengan visi dan misi rumah sakit.

Sesuai dengan visi dan misi RS Elisabeth, menjadi tanda kehadiran Allah di tengah dunia dengan membuka tangan dan hati untuk memberikan pelayanan kasih yang menyembuhkan bagi orang-orang sakit dan menderita. Tanpa membedabedakan suku, bangsa, agama, dan golongan,” ujarnya.

Abadikan momen di sela-sela kegiatan bakti sosial. (ist)

Pendaftaran pasien sudah dilaksanakan mulai tanggal 23 November 2022 sampai dengan 09 Januari 2023, dan screening pasien pada tanggal 13-14 Januari 2023. Setelah pelaksanaan operasi selesai dilakukan, setiap pasien yang ikut bakti sosial akan diberikan sembako oleh Yayasan Fransiskanes Santa Elisabeth Batam.

Sebelumnya Charis sudah pernah memberikan bantuan ke masyarakat Kota Batam berupa sembako, hand sanitizer, masker, kursi roda, makanan kaleng, dan lain-lain saat dunia dihantam pandemi Covid-19. (***)

Reporter: Angga Syahbana Putra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.