Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u9471944/public_html/intren.id/wp-content/themes/publisher/includes/libs/bs-theme-core/theme-helpers/template-content.php on line 1178

Cegah Virus Corona, Indonesia Tolak Kedatangan 126 WNA

INTREN.ID, JAKARTA – Seratusan lebih warga negara asing (WNA) telah ditolak masuk ke Indonesia oleh pihak Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Penolakan dilakukan sebagai upaya mencegah virus corona (Covid-19) masuk Indonesia. Hal ini ditegaskan Jhoni Ginting, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham dalam keterangan pers, Kamis (12/3/2020).

Jhoni menyampaikan, sejak periode 6 Februari hingga 10 Maret 2020, pihaknya telah menolak 126 WNA di tempat pemeriksaan imigrasi bandara di seluruh Indonesia.

WNA yang ditolak masuk ke Indonesia pun dari berbagai kewarganegaraan.

Di Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali tercatat sebagai bandara dengan penolakan WNA terbanyak sebanyak 89 orang, kemudian Bandara Soekarno-Hatta 22 orang dan Bandara Kualanamu 7 orang.

Di Bandara Juanda 5 orang, Bandara Batam 1 orang, dan Batam Center 2 orang. WNA terbanyak yang ditolak berasal dari Rusia, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Ukrainia.

Penolakan ini menurut Jhoni, dilakukan setelah melalui proses pemeriksaan dalam beberapa perlintasan atau layer.

Layer pertama oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) thermo shotgun dan thermal scanner. Baru kemudian layer keduanya dari beberapa stakeholder.

Meliputi pihak Imigrasi, Bea Cukai, Angkasapura, dan dari Karantina.

Layer-nya ini adalah perlintasan. Kalau umpama dari first layer KKP mengatakan bahwa (WNA) ini memang terinfeksi, ya kami otomatis dengan sendirinya pasti menolak,” jelasnya.

“Karena yang memiliki kompetensi terhadap Virus Korona ini tentu saja dari KKP pada TPI-TPI Internasional,” sebut Jhoni lagi.  (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.