Cegah Terjangkit Covid-19, Ketua DPRD Bontang Berbagi Resep untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

INTREN.ID, BONTANG – Hingga menjelang pertengahan tahun 2021, Covid-19 menjadi virus yang membahayakan. Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organization) menetapkannya sebagai pandemi, seluruh dunia, termasuk Indonesia berupaya untuk mencegah penyebaran virus beralias corona itu.

Di Indonesia, penanganan terus dilakukan. Mulai dari pengetatan penerapan protokol kesehatan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hingga memperbanyak vaksinasi. Hal itu dilakukan demi menahan laju penyebaran Covid-19.

“Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan kekebalan tubuh manusia. Untuk itulah, masyarakat perlu melakukan beberapa cara untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh,” kata Ketua DPRD Kota Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam.

Ketua DPD II Golkar Bontang itu pun berbagi resep, bagaimana meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19, yang bisa dilakukan di rumah atau lingkungan sekitar. Menurutnya, langkah pengendalian yang utama ialah peduli kesehatan diri sendiri.

Lalu, apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh? Berikut ini resep yang dianjurkan oleh Andi Faiz untuk masyarakat Kota Taman.

Selalu Menjaga Pola Makan

Menurut Andi Faiz, seimbangnya asupan gizi perlu diperhatikan. Gizi seimbang adalah rangkaian makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh.

“Oleh karena itulah, masyarakat perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, serta menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” kata pria yang juga ketua Askot PSSI Bontang itu.

Upayakan Tidur yang Cukup

Dalam rangka membangun kekebalan tubuh, dibutuhkan tidur yang cukup. Waktu yang dibutuhkan adalah 7-8 jam. Jika kurang dari itu, dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas otak dan fungsi tubuh lainnya.

“Itulah mengapa, disarankan tidur yang cukup demi membangun imunitas dalam menghadapi Covid-19,” jelas Andi Faiz.

Minum Air yang Banyak

Pasokan air dalam tubuh dibutuhkan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Terpenuhinya kebutuhan air sangat penting untuk tetap bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus.

Dalam sehari, Andi Faiz menyarankan, setidaknya mengonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun, sehingga memiliki potensi tertular virus.

Rutin Berolahraga

Menurut ahli, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Dengan demikian, aktivitas ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Bulu tangkis juga menjadi salah satu olahraga favorit Ketua DPRD Kota Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam. (ist)

Dengan berolahraga, seseorang bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit. Untuk jenis olahraga, tergantung dari hobi masing-masing.

“Kalau saya kebetulan hobi olahraga. Mulai main sepak bola, jogging, bersepeda, bulu tangkis, senam, dan olahraga lainnya. Yang penting baik untuk menjaga kesehatan,” sahut Andi Faiz.

Manajemen Stres

Cara meningkatkan imunitas tubuh lainnya adalah mengelola stres dengan baik. Pasalnya, stres dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar. Ketika hormon kortisol tinggi, sistem imunitas melemah.

Dalam mengelola stres, Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti olahraga ringan, beraktivitas sesuai hobi, aktif bersosialisasi bersama teman, kendati melalui telepon gengam, dan lain sebagainya.

Kurangi Aktivitas di Luar Rumah yang Tak Penting

Penyebaran Covid-19 terbanyak adalah aktivitas di luar rumah, seperti kegiatan masyarakat yang menyebabkan kerumunan. Itulah mengapa, demi mencegah penyebaran dan meningkat imunitas, diharapkan tak melakukan kegiatan yang tak penting di luar rumah.

“Jika terpaksa keluar rumah, pakai masker sesuai yang dianjurkan dan menerapkan protokol kesehatan,” tutup Andi Faiz.

Nah, itulah beberapa tips untuk meningkatkan imunitas tubuh yang sudah dilakukan Andi Faiz. Harapannya, tentu saja dapat menghindarkan diri dari paparan Covid-19. (***/adv)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.