Cegah Terjadinya Arus Balik, Tak Punya SIKM Dilarang Masuk Jakarta

INTREN.ID, JAKARTA – Berbagai upaya dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mencegah terjadinya arus balik. Sebagai langkah pencegahan membeludaknya ibu kota negara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar Dan/Atau Masuk Provinsi DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk larangan mudik,” tegas Anies.

Tidak seperti biasa. Di tengah pandemi Covid-19 dan menghadapi kehidupan tatanan normal baru (new normal), ada beberapa syarat yang harus dipenuhi masyarakat agar bisa kembali ke Jakarta setelah nekat pulang kampung atau mudik.

Untuk bisa ke Jakarta lagi, masyarakat harus memiliki Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM). SIKM tersebut dapat diajukan secara online melalui situs corona.jakarta.go.id. Tanpa SIKM, jangan harap bisa masuk ke Jakarta.

Di darat, seluruh pintu masuk menuju Jakarta akan dijaga TNI dan Polri, serta aparat pemerintah. Jika tidak memiliki SIKM, siap-siap saja putar balik ke kampung halaman.

Begitu juga di Bandara Soekarno-Hatta. Sejak Selasa (26/05/2020), posko pemeriksaan sudah diaktifkan. Bakal ada tiga titik pemeriksaan di bandara tersibuk di Indonesia itu.

- ADVERTISEMENT -

Pada titik pemeriksaan pertama, akan dilakukan pengecekan gejala fisik, pengukuran suhu tubuh, dan pemeriksaan dokumen kesehatan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kemudian di titik pemeriksaan kedua, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta yang akan memilah penumpang dengan tujuan akhir.

Lalu di titik pemeriksaan ketiga, dilakukan pengecekan SIKM oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta dan Pemprov DKI Jakarta.

Hal yang sama juga dilakukan di pelabuhan. Pemeriksaan di pelabuhan juga diperketat untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.