Cegah Penyebaran Covid-19, Manajemen PDAM Samarinda Jalani Swab Test Massal

INTREN.ID, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang meninjau langsung upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 melalui swab test massal di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam/dulu PDAM) Tirta Kencana Samarinda.

Swab test massal oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda dilaksanakan di halaman kantor pusat Perumdam Samarinda, Kamis (18/6/2020) pagi.

“Pemkot Samarinda melalui Dinas Kesehatan terus melakukan swab dan rapid test massal yang mempunyai aktivitas tinggi. Seperti kita ketahui di beberapa pasar tradisional, balai kota dan penting juga di kantor PDAM yang memberikan pelayanan air bersih,” ucap ketua Dewan Pengawas Perumdam Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah sekaligus mewakili wali kota kepada wartawan.

Dayat–sapaan Aji–mengatakan, memasuki masa relaksasi tahap kedua ini Pemkot Samarinda melakukan tes pada semua sektor yang mempunyai layanan aktivitas tinggi dengan tujuan untuk menjaring dan akan mencari ada atau tidak yang positif terjangkit Covid-19.

“Seandainya tes ini dilakukan pada beberapa titik keramaian seperti pasar, tempat pelayanan dan lainnya di Kota Samarinda sebagai tracking dan hasilnya negatif, maka kita akan masuk pada relaksasi tahap ketiga dengan aktivitas masyarakat mulai kita longgarkan juga. Tetapi terus kita tracking lagi sampai akhir bulan Juni 2020 dan apabila tidak ada yang positif, maka akan kita berlakukan tatanan kehidupan baru atau New Normal,” sebut Dayat yang juga kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Namun, lanjutnya, apabila ada yang positif dari transmisi lokal, maka akan kembali memberlakukan aturan seperti masa pembatasan Covid-19.

Sementara Dirut PDAM, Nor Wahid Hasyim mengatakan, sebanyak 125 staf yang bersentuhan langsung dengan pelanggan didahulukan untuk swab test dan staf lainnya yang tidak bersentuhan dengan pelanggan akan menyusul dengan rapid test.

“Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Dinkes Kota Samarinda selain itu ada Diskominfo melalui 112 karena ada juga kurang lebih 40-an masyarakat yang melapor bahwa memerlukan ikut swab test ini. Dinkes juga ada program kerja sama dengan kepolisian, sehingga tempat tesnya dijadikan satu di halaman kantor pusat PDAM pada hari ini,”pungkasnya.

Ikut hadir dalam acara tersebut Direktur Umum Perumdam Yusfian Noor, Direktur Teknik Perumdam Ali Rahman As, Plt Kepala Dinkes Kota Samarinda Ismid Kusasih, Anggota Dewan Pengawas Perumdam Pengawas Abdullah, dan undangan terkait lainnya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.