Cegah Penularan Corona, Wapres: Iman Imun Aman Amin

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Masyarakat

INTREN.ID, JAKARTA – Setidaknya ada empat hal yang mesti jadi perhatian masyarakat dalam mencegah penularan virus corona baru (Covid-19). Kempat hal tersebut adalah iman, imun, aman, dan amin, sebagaimana diungkapkan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amien.

Dijelaskan, empat hal penting itu dengan meningkatkan keimanan, menjaga imunitas tubuh, menciptakan keamanan, dan mengamini doa-doa untuk keselamatan nasional.

“Jadi iman, imun, aman, amin. Kita jangan lupa untuk amin, artinya berdoa kepada Allah dengan mengucapkan amin. Seperti yang kita lakukan malam ini. Kita berdoa bersama dan mengamini doanya,” kata Ma’ruf Amin, Kamis (16/4/2020).

Kata dia, keimanan menjadi kunci utama ketika menghadapi musibah pandemi Covid-19. Masyarakat harus ikhlas, rida, dan sabar di dalam menerima musibah ini.

“Jangan sampai kita panik, jangan sampai kita berputus asa,” tuturnya.

- ADVERTISEMENT -

Upaya berikutnya yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh penting dilakukan oleh setiap warga masyarakat. Dengan meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, maka penularan Covid-19 akan semakin minim.

“Dengan menjaga kesehatan kita, mengonsumsi vitamin, berolahraga, kemudian juga berjemur di tempat yang panas supaya kita imun, tahan. Sehingga kita tidak terpapar itu,” sebut Ma’ruf.

Lebih lanjut dia meminta masyarakat untuk menjaga keamanan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Antara lain dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak fisik, berkegiatan di rumah dan menghindari kerumunan.

“Kemudian kita juga harus menjaga aman. Jadi selain imunisasi diri, juga amanisasi diri, yaitu dengan ikut anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, tidak berkumpul di tempat ramai supaya tidak tertular atau menularkan,” urai pria yang pernah menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Langkah terakhir, sambung Ma’ruf, yaitu mengajak seluruh masyarakat untuk mengamini setiap doa yang dipanjatkan guna memohon keselamatan bangsa dari pandemi Covid-19. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.