Cegah Covid-19, Dana BOS Boleh Digunakan Beli Penyanitasi Tangan

INTREN.ID, JAKARTA – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat digunakan untuk membeli hand sanitizer atau penyanitasi tangan. Hal ini diperbolehkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam upaya mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Harris Iskandar selaku Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dasar dan Menengah Kemendikbud dalam dalam konferensi pers Rabu (11/3/2020) mengatakan, ketersediaan sarana pembersih tangan maupun cuci tangan pakai sabun dan alat pembersih sekali pakai merupakan bagian dari Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan.

Sekolah-sekolah di Tanah Air, sebut Harris, saat ini dalam keadaan siap menyediakan sarana antisipasi Covid-19. Dana BOS tahap satu pun telah disalurkan dengan capaian 100 persen.

“Hampir 100 persen, hanya tersisa empat ribu sekolah saja. Untuk tahap pertama, ada sekitar 136.000 sekolah yang akan mendapat dana BOS,” ujarnya.

- ADVERTISEMENT -

Dijelaskan, empat ribu sekolah yang belum dicairkan dananya lantaran menunggu verifikasi dan validasi. Setelah verifikasi dan validasi selesai, dana BOS langsung disalurkan ke rekening sekolah.

Harris mengurai, ada 16 poin dalam surat edaran pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Mulai dari mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau unit kesehatan di perguruan tinggi, koordinasi dengan Dinas Kesehatan, pendidikan dan layanan pendidikan tinggi untuk mengetahui apakah Dinas Kesehatan telah memiliki rencana atau persiapan dalam menghadapi Covid-19.

Kemudian, memastikan ketersediaan sarana untuk cuci tangan pakai sabun dan alat pembersih sekali pakai. Warga satuan pendidikan dipastikan menggunakan sarana cuci tangan pakai sabun dan pengering tangan sekali pakai. (*)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.