Cegah Corona, Naik Trans Batam Wajib Pakai Masker

Ikuti Imbauan Pusat, Dishub Lengkapi APD untuk Petugas

 

INTREN.ID, BATAM – Pengguna jasa Trans Batam diwajibkan mengenakan masker. Sebagaimana imbauan terbaru Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam Rustam Efendi yang akan diterapkan mulai Rabu (8/4/2020) esok hari.

Kata Rustam, hal tersebut menindaklanjuti imbauan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto. Yaitu pemerintah menjalankan program pemakaian masker per tanggal 5 April 2020 lalu.

“Kami terapkan kewajiban bagi pengguna jasa Trans Batam untuk menggunakan Masker saat naik Bus Trans Batam,” kata Rustam,” Selasa (7/4/2020).

Dijelaskam, tidak ada yang mengetahui secara persis kondisi penumpang yang akan menaiki angkutan umum tersebut. Karenanya, mengenakan masker menjadi sarana pencegahan penularan Covid-19.

“Jangan sampai, Bus Trans Batam menjadi tempat kita tertular virus tersebut,” ujarnya.

- ADVERTISEMENT -

Per tanggal 5 April lalu, pihaknya juga telah melengkapi alat pelindung diri (APD) kepada seluruh petugas. Meliputi masker, sarung tangan, serta hand sanitizer atau penya.

“Jika seluruh petugas telah kami lengkapi, baru akan kami berlakukan wajib memakai masker untuk para pengguna jasa Bus Trans Batam,” ucap Rustam.

Sebelumnya, pihak Dishub secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh armada Bus Trans Batam. Baik sebelum memulai beroperasi ataupun setelah selesai beroperasi.

Dishub Batam juga sempat mengurangi jumlah armada yang beroperasi sebanyak 40 persen, dari total keseluruhan sebanyak 53 armada di delapan koridor.

“Ini adalah beberapa upaya dari Dishub Batam untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang terjadi di angkutan,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.