Calon Pengantin Sudah Boleh Gelar Akad Nikah di Luar KUA, Tetapi…

INTREN.ID, JAKARTA – Kabar baik bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan di masa pandemi virus corona baru (Covid-19) khususnya di masa kenormalan baru (New Normal). Pasalnya pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sudah memperbolehkan calon pengantin menggelar akad nikah di luar Kantor Urusan Agama (KUA).

Hal ini dituangkan Kemenag melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam dalam Surat Edaran tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Nikah pada Masa Pandemi Covid-19. Dalam edaran yang dirilis 10 Juni kemarin itu, terdapat sejumlah syarat yang mesti dipenuhi calon pengantin apabila hendak melangsungkan akad nikah di luar KUA.

“Dengan terbitnya edaran ini, maka calon pengantin diperkenankan untuk melangsungkan akad nikah di KUA, rumah, masjid, atau pun gedung pertemuan,” kata Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin, Jumat (12/6).

Dijelaskan, untuk gelaran akad nikah di KUA dan rumah bisa dihadiri maksimal sepuluh orang. Sedangkan untuk pelaksanaan akad nikah di masjid atau gedung pertemuan bisa dihadiri maksimal 30 orang.

- ADVERTISEMENT -

“Bimas Islam menerbitkan edaran ini untuk memberikan rasa aman. Sekaligus tetap mendukung pelaksanaan pelayanan nikah dengan tatanan normal baru. Kami berharap pelayanan nikah dapat tetap dilaksanakan, namun risiko penyebaran wabah Covid-19 dapat dicegah atau dikurangi,” bebernya.

Termasuk dalam edaran Direktur Jenderal itu di antaranya panduan dan ketentuan pelaksanaan pelayanan nikah pada masa pandemi Covid-19. Dengan tetap berpedoman pada Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan.

Hal ini dilakukan demi melindungi pegawai KUA Kecamatan serta masyarakat pada saat pelaksanaan tatanan normal baru pelayanan nikah.

“Dalam setiap pelayanan, penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi sebuah keharusan,” tegas Kamaruddin. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.