Bus Samsat Pelita Segera Diluncurkan, Safaruddin: Masyarakat Semakin Mudah Bayar Pajak Kendaraan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Di pengujung tahun 2021 ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim, dan PT Jasa Raharja Kaltim akan meluncurkan Bus Samsat Perpanjangan Lima Tahunan (Pelita). Inovasi ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Jumlahnya sekitar 20 unit.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengapresiasi adanya inovasi tersebut. Menurutnya, masyarakat harus diberi kemudahan dalam mengurus dan membayar pajak kendaraan. Terutama di daerah pelosok maupun pesisir yang kediamannya jauh dari kantor Samsat.

“Inovasi ini harus diapresiasi. Masyarakat semakin mudah bayar pajak kendaraan. Kaltim ini daerahnya luas. Karena jumlahnya banyak, saya berharap agar keberadaan Bus Samsat Pelita dapat menjangkau masyarakat yang rumahnya jauh dari kantor Samsat. Baik di daerah hulu maupun pesisir,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menekankan, pada dasarnya masyarakat Benua Etam sadar pajak. Namun karena lokasi pembayarannya jauh dari rumah, dan terkadang antreannya panjang, sehingga menjadi enggan untuk menjalankan kewajibannya.

“Menurut saya, inovasi ini merupakan wujud dari upaya meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Apalagi, program ini (Bus Samsat Pelita, Red.) merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Realisasinya pun juga harus konsisten. Kendaraan maupun SDM (sumber daya manusia) harus disiapkan betul-betul,” imbau Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sebagai informasi, melalui Bus Samsat Pelita, masyarakat dapat memproses pajak satu tahunan dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) lima tahunan. Sama halnya seperti yang dilakukan di kantor Samsat, masyarakat juga wajib menyertakan syarat berupa unit kendaraannya, bukti pemilik kendaraan bermotor (BPKB), STNK asli, dan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) asli untuk pendataan registrasi dan identifikasi nomor rangka serta nomor mesin kendaraan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.