- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Buruan Daftar! Program Kartu Prakerja Gelombang 4 Sudah Dibuka Mulai Hari Ini

INTREN.ID, JAKARTA – Program Kartu Prakerja berlanjut. Pendaftaran untuk gelombang 4 program ini sudah mulai dibuka pada Sabtu (8/8/2020) hari ini. Sebagaimana dikonfirmasi Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijoyono Meogiharso.

“Gelombang 4 dibuka pukul 12.00 WIB, kuota peserta 800 ribu orang,” beber Susiwijono, Jumat (7/8/2020) kemarin.

Program ini berlaku bagi WNI minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Cara daftar kartu Prakerja gelombang 4 bisa dilakukan secara online dengan login ke www.prakerja.go.id. Lantas pilih menu daftar sekarang. Selanjutnya tinggal mengisi data berupa alamat email yang masih aktif, password, dan konfirmasi daftar.

Kemudian ceklis pada kotak menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Tinggal klik daftar. Jika sudah, tunggu verifikasi dari pihak Prakerja yang akan dikirimkan melalui email.

Bukalah email, lalu cek apakah ada email dari Prakerja. Pihak kartu Prakerja akan mengirimkan link untuk verifikasi. Cukup klik pada link verifikasi tersebut.

Usai verifikasi melalui email, kembali ke situs Prakerja lalu login ke akun yang sudah dibuat. Masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan tadi lantas login.

Selanjutnya usai masuk akun Prakerja, yang perlu dilakukan adalah mengisi data. Meliputi nomor KTP dan tanggal lahir, lalu pilih ‘berikutnya’.

Proses berikutnya masih mengisi data diri pada formulir kartu Prakerja. Kali ini meliputi nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, dan alamat domisili.

- ADVERTISEMENT -

Dalam melakukan pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4, isi juga pendidikan, status bekerja, foto KTP. Selanjutnya Anda harus melakukan foto selfie dengan menggunakan KTP Anda. Klik tombol ‘berikutnya’. Masukkan nomor telepon dan juga kode OTP yang dikirim lewat SMS.

Setelah selesai mengisi data pribadi secara lengkap, berikutnya mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar terlebih dahulu. Tes akan berlangsung selama 15 menit, siapkan alat tulis apabila diperlukan.

Selesai mengerjakan tes, tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Lalu kembali ke laman Prakerja. Gabung dengan Kartu Prakerja gelombang 4.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu insentif untuk membayar salah satu pelatihan yang disediakan oleh beberapa vendor. Pelatihan ditawarkan oleh Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir, dan Sisnaker. Selesai pelatihan akan mendapatkan sertifikat untuk mencairkan insentif.

Insentif yang akan diterima oleh peserta yang sudah melakukan pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 sama halnya seperti insentif pada gelombang-gelombang sebelumnya. Total insentif yang akan diterima sebesar Rp 3,55 juta per orang.

Rincian insentif kartu Prakerja gelombang 4 yang akan diterima peserta, Rp 1 juta berupa voucer untuk membeli pelatihan yang ditawarkan penyedia pelatihan seperti Ruangguru, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Apabila peserta kartu Prakerja gelombang 4 sudah mengikuti pelatihan, maka akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta. Namun insentif tidak diberikan secara sekaligus, karena diberikan per bulan Rp 600 ribu.

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan insentif lainnya setelah mengisi survei. Survei dilakukan tiga kali dengan besaran insentif Rp 150 ribu. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.